Pengajian Lintas Sektoral Girimulyo: Muharram Bulan Mulia

Kulon Progo (KUA Girimulyo) – Muharram merupakan salah satu bulan mulia dalam Islam. Bulan yang memiliki banyak keutamaan. Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Suyatno dalam pengajian lintas sektoral tingkat Kapanewon Girimulyo. Kegiatan tersebut terselenggara pada Rabu (10/07/2024) pagi bertempat di aula Puskesmas Girimulyo 1.

Sebagai sarana peningkatan dan pemahaman ilmu agama, pengajian tersebut merupakan agenda rutin setiap bulan. Selain pengajian pada umumnya, kegiatan tersebut juga sebagai wadah silaturahmi dan informasi  antar lembaga dan tokoh masyarakat.

Pengajian aparat dan tokoh masyarakat yang diinisiasi oleh KUA Girimulyo tersebut  diawali dengan sambutan Panewu setempat. Dalam sambutannya Endah Wulandari, SSTP, MM menyampaikan beberapa informasi kaitan kepemerintahan. Informasi yang disampaikan salah satunya terkait pelaksanaan pilkada  tahun 2024 beserta rangkaiannya.

Sementara itu dalam tausiyah yang disampaikan oleh Drs. Suyatno dirinya menuturkan bahwa Muharram merupakan bulan yang mulia, bukan bulan yang sial seperti yang diyakini masyarakat pada umumnya. Dirinya mengutip sebuah ayat dalam Al Quran, yakni surat  At Taubah ayat 36, “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,” kutipnya.

Berdasar ayat yang disampaikan, dirinya mengajak kepada para jamaah agar menyakini bahwa Muharram atau bulan Suro merupakan bulan yang mulia yang di dalamnya terdapat banyak kemuliaan. Lebih lanjut Suyatno menyampaikan agar momentum tahun baru Hijriah 1446 dapat dijadikan momentum untuk muhasabah diri agar menjadi insan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Dalam kesempatan yang lain, koordinator pengajian Moh Natsir Nurdin, S.Ag menyampaikan tanggapan atas terselenggaranya pengajian tersebut. Ia menyampaikan apresiasi kepada panitia atau tuan rumah atas terselenggaranya pengajian tersebut. Natsir Nurdin yang merupakan ASN KUA Girimulyo berharap apa yang telah disampaikan pemateri dapat menjadi bahan evaluasi untuk jamaah. “ Mari kita ambil hikmah dari apa yang telah disampaikan oleh Drs. Suyatno, kita jadikan awal tahun hijriah ini untuk berinstrospekksi, ” tuturnya. (rar/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *