Penyuluhan Agama KUA Kapanewon Panjatan menjadi Penggiat Pusaka

Kulon Progo (KUA Panjatan) – Penyuluh Agama Islam Kapanewon Panjatan aktif dalam  penguatan Program Pusaka  (Pusat Layanan Keluarga Sakinah) dengan melakukan pendampingan bagi para keluarga di pedukuhan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kalurahan Depok Panjatan Kulon Progo pada Kamis, (18/07/2024).

Kegiatan tersebut diikuti oleh lebih dari 15 pasang suami istri, yang bertujuan untuk meningkatkan penguatan dalam ketahanan keluarga. Kegiatan Pusaka yang diikuti pasangan suami istri dengan rata-rata berusia 35 tahun ke atas tersebut dilakukan secara terus menerus setiap sebulan sekali, dengan berkolaborasi dan sinergitas antara Penyuluh Agama Islam KUA Panjatan bersama stakeholder terkait meliputi bidang Kesra Kapanewon, Puskesmas, Penyuluh KB dan pendamping keluarga di tingkat pedukuhan.

Kepala KUA Panjatan Zamroni S.Ag MSI sangat mendukung kegiatan program Pusaka di wilayahnya dan mengapresiasi keaktifan warga dan petugas pendamping dalam kegiatan dimaksud dan berharap agar keluarga yang dibina selama ini mampu mewujudkan ketahanan keluarga sampai akhir hayat dan terbina keluarga yang kuat dan kokoh dalam menghadapi setiap ujian keluarga sehingga terwujud keluarga yang sejahtera lahir dan batin serta dapat mewujudkan keluarga yang bahagia, sakinah mawadah warohmah kekal selama-lamanya.


Sementara itu Panewu Panjatan Jumarna, SIP saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa program Pusaka dengan pendampingan terhadap keluarga adalah program yang sangat penting dalam membina keutuhan rumah tangga di wilayahnya. Jumarna berharap bahwa dengan pendampingan tersebut dapat semakin memperkokoh ketahanan keluarga dan dapat menurunkan angka perceraian di wilayahnya.

Disampaikan Jumarna bahwa setiap keluarga tentunya mempunyai problem dan masalah masing-masing apabila dilakukan dengan musyawarah mufakat dengan baik pasti setiap permasalahan akan ada jalan keluarnya. Agar keluarga semakin kokoh hendaknya setiap pasangan harus saling hormat menghormati, saling menghargai dan mempunyai komitmen yang sama dalam mempertahankan keutuhan keluarganya tersebut imbuhnya. (zam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *