Tingkatkan Layanan Kalibrasi Arah Kiblat, KUA Nanggulan Mendapat Respon Positif Masyarakat

Kulon Progo (KUA Nanggulan) – Kantor Urusan Agama (KUA) Nanggulan, bersama Tim Pengukuran Arah Kiblat dari Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, memberikan layanan sertifikasi arah kiblat di Mushalla SD Negeri Boto dan Masjid Al-Qomar Bejaten, pada Rabu (24/7/2024). Layanan ini merupakan bagian dari komitmen KUA Nanggulan untuk memastikan bahwa arah kiblat di tempat ibadah telah sesuai.

Menurut Jemino, S.H.I., Kepala KUA Nanggulan, “Pelayanan ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Pengukuran arah kiblat tidak bisa dilakukan dengan perkiraan semata, tetapi harus tepat dan menggunakan alat yang sesuai,” tuturnya. “Alat yang digunakan dalam pengukuran ini adalah theodolite, yang merupakan peralatan standar dan lengkap untuk keperluan tersebut,” imbuhnya.

Jemino juga menambahkan bahwa masyarakat dapat dengan mudah mengajukan permohonan untuk layanan sertifikasi arah kiblat ini. “Masyarakat tinggal mengajukan surat permohonan saja apabila ingin melakukan sertifikasi,” ujarnya. Meski demikian, proses pengukuran dapat sedikit terkendala oleh cuaca mendung, karena alat tersebut memerlukan cahaya langsung dari matahari yang tidak tertutup awan untuk memastikan akurasi.

Takmir Masjid Al-Qomar, Sumardi, turut menyampaikan apresiasinya terhadap layanan ini. “Pelayanan sangat cepat dan mudah di KUA. Saya mengirim permohonan pada hari Selasa siang, besok Rabunya sudah langsung dieksekusi. Saya sangat puas dan berterima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kulon Progo,” katanya.

Sumardi menegaskan bahwa kecepatan dan kemudahan layanan ini sangat membantu pengurus masjid dan mushalla dalam memastikan kebenaran  arah kiblat yang tepat tanpa harus menunggu lama. Pelayanan yang responsif ini menunjukkan keseriusan KUA Nanggulan dalam mendukung masyarakat agar dapat beribadah dengan lebih baik. (rif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *