Tingkatkan Layanan Kelompok Rentan Kankemenag Kulon Progo Launching ’Lenteraku’

Kulon Progo (KankemenagKP) – Sebagai upaya optimalisasi layanan publik inklusif dan kelompok rentan, Kantor Kemenag Kulon Progo telah melakukan pembenahan dan pemenuhan aspek utama dan fasilitas penunjang. Pengguna layanan di Kankemenag Kulon Progo terdiri dari berbagai latar belakang dan kondisi yang beragam, semua berhak mendapatkan layanan yang terbaik dan tidak boleh diskriminatif. Sehingga pengguna layanan yang termasuk kategori kelompok rentan maka harus mendapatkan pelayanan prioritas. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., pada saat Launching ’Lenteraku’ (Layanan Efektif untuk Kelompok Rentan Kemenag Kulon Progo) dan pelatihan bahasa isyarat bagi petugas layanan di lingkungan Kankemenag Kulon Progo, Kamis (18/07/2024), di Gedung PLHUT kantor setempat.

”Dengan Layanan ’Lentera Ku’ diharapkan kita mampu memberikan pelayanan yang prima kepada semua lapisan masyarakat termasuk pada Kelompok Rentan. Sudah seharusnya kami bisa memberikan pelayanan yang maksimal tanpa terkecuali dan diskriminasi. Diambilnya kata lenteraku, dapat dimaknai bahwasannya pelayanan Kankemenag Kulon Progo dapat menerangi siapa saja tanpa terkecuali” ujar Wahib Jamil.

Wahib Jamil menjelaskan bahwa ’Lentera Ku’ merupakan tindak lanjut Surat dari Sekretariat Jenderak Kementerian Agama RI Nomor B-2027/SJ/B.IV.2/OT.01/2/2024 Tanggal 26 Juni 2024, bahwa Kantor Kementerian Agama Kab. Kulon Progo diusulkan menjadi salah satu lokus pemantauan dan evaluasi penyelenggaan pelayanan publik inklusif dan ramah kelompok rentan Tahun 2024.

Dalam Launching ini juga diadakan pelatihan bahasa isyarat bagi petugas layanan di lingkungan Kankemenag Kulon Progo. Ditemui diruang kerjanya, Kasubbag. TU, H. Saeful Hadi, S.Ag., M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan bahasa isyarat diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari Petugas Layanan PTSP Kantor Kemenag, Petugas PTSP Madrasah, Penghulu KUA, dan satpam.

”Kami bekerja sama dengan narasumber yang ahli dibidangnya dari SLB N1 Kulon Progo yaitu, Supiyah, S.Ag. M.Pd yang akan mengajarkan Abjad dalam SIBI dan Alisa Dewi, S.Pd., yang akan melatih bahasa isyarat. Semoga dengan pelatihan ini akan memberikan pengetahuan baru bagi para petuas layanan di lingkungan Kankemenag Kulon Progo serta mampu mempraktikan gerakan bahasa isyarat dasar. Dengan demikian akan memperteguh komitmen untuk mewujudkan pelayanan prima bagi semua pengguna layanan,” jelas Saeful Hadi. (don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *