Tingkatkan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan MTsN 6 Kulon Progo Adakan Workshop

Kulon Progo (MTsN6KP) – Dalam upaya meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, MTsN 6 Kulon Progo menyelenggarakan workshop Rabu (17/07/2024) siang. Acara ini dihadiri oleh seluruh guru dan pegawai madrasah dengan menghadirkan narasumber berpengalaman sekaligus pengawas madrasah Barokatussholikhah, S. Ag., M.S.I.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S. Ag., M.S.I. menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugas terutama pada proses asesmen serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja tenaga kependidikan.

“Kami berharap dengan adanya workshop ini, para pendidik dan tenaga kependidikan di MTsN 6 Kulon Progo dapat lebih termotivasi dan memiliki keterampilan yang lebih baik dalam menjalankan tugas mereka,” kata Riza.

Barokatussholikhah menyampaikan materi dalam workshop ini secara umum berkenaan dengan asesmen di madrasah, baik asesmen untuk guru maupun siswa. Meliputi supervisi, PKG untuk guru dan asesmen proses pembelajaran baik berupa asesmen diagnostik, asesmen formatif maupun asesmen sumatif. Selain itu beliau juga memberikan pendampingan persiapan akreditasi untuk madrasah.

“Asesmen bukan hanya tentang mengukur hasil belajar, tetapi juga tentang memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Umpan balik yang baik dapat membantu siswa untuk mengetahui apa yang sudah mereka kuasai dan apa yang masih perlu mereka perbaiki. Oleh karena itu, asesmen harus dirancang sedemikian rupa sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas dan akurat mengenai kemajuan belajar peserta didik,” papar Ika.

Salah satu peserta, Tuti Wahyuni, S.Pd., mengungkapkan bahwa workshop ini sangat bermanfaat bagi dirinya. “Banyak ilmu baru yang kami dapatkan, terutama tentang bagaimana melaksanakan asesmen dalam proses pembelajaran terutamapa pada kurikulum merdeka. Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus diadakan secara rutin,” tutur Tuti. (nhc/don)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *