Dua Siswa MandaKu Juara Harapan 1 Lomba Fashion Draping pada Ekspo Nasional MA Plus Keterampilan

Kotawaringin Timur (MAN 2 KP) – Prestasi kembali ditorehkan oleh siswa MAN 2 Kulon Progo.  Dua siswa berbakat, Najwa Rahma Alya dan Alifa Putri Wulansari, berhasil meraih Juara Harapan 1 dalam Lomba Busana Fashion Draping dalam ajang bergengsi Ekspo Nasional Madrasah Aliyah Plus Keterampilan ke-7 yang digelar di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pada 24-27 Agustus 2024.

Fashion draping merupakan teknik merancang pakaian di mana kain langsung ditempatkan pada dress form (manekin) untuk membentuk desain pakaian. Teknik ini memungkinkan desainer untuk melihat dan mengatur bagaimana kain jatuh dan berlipat pada tubuh secara real-time. Draping sering digunakan untuk menciptakan pakaian dengan bentuk dan struktur yang kompleks atau unik, seperti gaun dengan lipatan, tumpukan, atau volume tertentu yang sulit dicapai dengan teknik pola datar (flat pattern).

Kepastian raihan prestasi Najwa dan Alifa diketahui pada malam penutupan yang digelar pada Selasa malam, 27 Agustus 2024. Dalam acara tersebut, MAN 2 Kulon Progo kembali menegaskan posisinya sebagai salah satu madrasah unggulan di Indonesia dalam bidang keterampilan.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, yang turut hadir dalam acara penutupan, mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. “Alhamdulillah, MAN 2 Kulon Progo selalu memberikan pelayanan prima kepada para siswanya, termasuk dalam menemukan, menumbuhkan bakat, minat, dan prestasi siswa. Kami selalu siap mendampingi, membimbing, dan memfasilitasi kebutuhan pendidikan siswa, baik akademik maupun non-akademik,” ujar Hartiningsih.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, atas doa, restu, bimbingan, dan dukungan yang diberikan kepada tim dari MAN 2 Kulon Progo. Ia juga memberikan apresiasi kepada Najwa Rahma Alya, Alifa Putri Wulansari dan guru pembimbing mereka. “Terima kasih ananda Najwa Rahma Alya, Alifa Putri Wulansari dan guru pembimbing atas raihan prestasi membanggakan ini,” tutur Hartiningsih.

Najwa Rahma Alya juga mengungkapkan kebahagiaannya atas prestasi yang diraih. “Setelah mendapat kabar ini, saya langsung memberi tahu orang tua di rumah. Sangat menyenangkan bisa melakukan yang terbaik saat lomba. Selain berkompetisi, juga banyak berkenalan dan menambah teman dari madrasah lain,” ungkap Najwa dengan senyum semringah. Ia juga memberikan pesan kepada teman-temannya, “Jangan takut untuk mengikuti berbagai lomba. Jadikan ajang itu sebagai ajang bersenang-senang, tapi ingat juga harus fokus dan serius. Menang atau kalah itulah yang terbaik, menang itu bonus tapi pengalaman itu harus,” ujarnya.

Sementara itu, Alifa Putri Wulansari menambahkan, “Ini adalah pengalaman yang luar biasa. Saya belajar banyak, tidak hanya tentang teknik draping, tetapi juga tentang bagaimana berkompetisi dengan sportif dan menjalin persahabatan dengan teman-teman dari berbagai daerah. Saya berharap bisa terus mengembangkan kemampuan saya di bidang fashion,”katanya.

Dengan pencapaian ini, MAN 2 Kulon Progo kembali membuktikan bahwa mereka tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga di bidang keterampilan yang terus berkembang. Prestasi Najwa dan Alifa diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi siswa-siswi lainnya untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama madrasah. (gia/dpj)

4 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *