Guru dan Pegawai MIN 2 Kulon Progo Ikuti Pelatihan P3K

Kulon Progo(MIN2KP) – Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan upaya yang dilakukan sebelum korban dibawa ke fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan professional. Pertolongan pertama bukan tindakan pengobatan. Tetapi upaya sementara untuk menyelamatkan korban.

Pelatihan P3K sangat penting dilakukan untuk penanganan awal. Hal ini juga dilaksanakan untuk guru dan tenaga kependidikan MIN 2 Kulon Progo di madrasah setempat. Hal ini disampaikan Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I. M.Pd. di sela-sela acara yang berlangsung pada Selasa (21/8/2024) siang.

“Pada pelatihan ini sebagai instrukturnya Teguh Wiyono, S.Pd.Jas. Ia adalah guru MIN 2 Kulon Progo yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya tentang P3K. Pelatihan ini penting dilakukan untuk menciptakan kondisi yang aman. Di madrasah guru merupakan tombak dari aktivitas siswa di kelas. Sehingga guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan bila siswa mengalami luka saat pembelajaran,” ujarnya.

“Pada pelatihan tersebut disampaikan bila ada siswa yang terluka akibat kecelakaan atau sakit ringan dapat segera ditangani oleh guru. Namun bila berat harus segera dibawa ke layanan kesehatan terdekat,” papar Hartati.

Sementara itu salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Sudarman, SPd.I. M.Pd. merasa senang dengan kegiatan P3K ini. “Saya senang guru dan tenaga kependidikan mendapatkan pelatihan P3K ini. Karena bisa segera memberikan pertolongan pada siswa maupun guru bila terjadi kecelakaan di madrasah. Semua harus segera ditangani dengan baik. Minimal kita bisa segera mengambil tindakan yang tepat. Namun bila tidak bisa mengatasi dapat segera dibawa ke layanan kesehatan,” ungkap Sudarman. (dan/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *