MIN 3 Kulon Progo Sosialisasikan Bahaya Napza dan Anti Bullying

Kulon Progo (MIN3KP) – Napza merupakan kepanjangan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Istilah ini merujuk pada berbagai jenis zat yang dapat menyebabkan ketergantungan dan dampak negatif bagi kesehatan. Hal tersebut disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Samigaluh, Aiptu Agus Priyatno pada penyuluhan Napza dan bullying di MIN 3 Kulon Progo pada Jum’at (23/8/2024).

“Napza merupakan kepanjangan dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya. Istilah ini merujuk pada berbagai jenis zat yang dapat menyebabkan ketergantungan dan dampak negatif bagi kesehatan,” ungkapnya.

“Narkoba atau narkotika dan obat-obatan terlarang, adalah istilah yang merujuk pada berbagai jenis zat yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh dan pikiran seseorang. Narkoba biasanya dibagi menjadi beberapa kategori. Termasuk narkotika obat yang sering digunakan untuk mengurangi rasa sakit. Tetapi dapat menyebabkan ketergantungan, seperti morfin dan heroin,” lanjut Agus.

“Psikotropika obat yang mempengaruhi pikiran dan perilaku, seperti ekstasi atau LSD. Obat-obatan terlarang lainnya adalah zat-zat yang dilarang karena potensi dampak negatifnya, seperti kokain dan ganja. Penggunaan narkoba dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental serta menimbulkan ketergantungan,” ujarnya.

Ia juga meyampaikan bahaya bullying di sekolah. “Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara berulang-ulang dan bertujuan untuk menyakiti atau merendahkan orang lain,” ungkap Agus.

Bullying bisa terjadi dalam berbagai bentuk, seperti fisik (misalnya memukul atau menendang), verbal (seperti penghinaan atau ejekan), sosial (misalnya menyebar gosip atau mengucilkan seseorang). Biasanya tindakan bullying melibatkan ketidakseimbangan kekuatan antara pelaku dan korban. “Bullying dapat terjadi di berbagai lingkungan, termasuk sekolah, tempat kerja, atau di media sosial,” pungkasnya.

Penyuluhan ini diikuti seluruh warga madrasah dengan antusias. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu anti bullying. (myt/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *