Dua Siswi MAN 1 Kulon Progo Raih Juara Olimpiade Bahasa Arab 2024

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-7 Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024 telah sukses terlaksana pada  beberapa waktu lalu melalui daring dari madrasah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mendelegasikan tiga siswa untuk mengikutinya. Ketiga siswa tersebut yaitu Elly Rahmawati (XII IIK), Alifah Nur Masyitoh (XII IIK), dan Nur Isnaini (XII IIK). Hal tersebut disampaikan salah satu pembimbing OBA MAN 1 Kulon Progo, Nur Wijayanti, S.Hum., M.Pd., Senin (9/9/2024) usai pengumuman hasil OBA.
Yanti bahagia karena dari tiga delegasi tersebut, dua siswanya sukses meraih juara. “Alhamdulillah, Elly Rahmawati meraih Juara 1 dan Alifah Nur Masyitoh sebagai Juara Harapan 2. Terima kasih untuk semua delegasi MAN 1 Kulon Progo. Semoga Elly dapat meraih juara di tingkat provinsi,” harapnya.

Lebih lanjut Yanti menambahkan bahwa Olimpiade Bahasa Arab (OBA) merupakan kompetisi tahunan yang diadakan oleh Forum Nasional Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab se-Indonesia. Olimpiade Bahasa Arab diselenggarakan selain sebagai syiar bahasa Arab di Indonesia, juga bagian upaya untuk mempererat ukhwah Islamiyah-wathaniyah, membentuk kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Arab dan meningkatkan kemampuan guru dan pelajar bahasa Arab di Indonesia.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd. menyampaikan bahwa Pembimbing OBA MAN 1 Kulon Progo yang telah mengantarkan siswanya menjadi juara tersebut yaitu Nur Wijayanti, S.Hum., M.Pd., dan Didik Komaidi, S.Ag., M.Pd.
Dihubungi di tempat terpisah, Didik Komaidi menyampaikan bahwa OBA dilaksanakan secara online melalui Platform E-Ujian di ruang AVA MAN 1 Kulon Progo pada Sabtu 24 Agustus 2024  lalu. Dan selanjutnya akan dilakukan beberapa tahap seleksi di DIY dan tingkat nasional.

Menanggapi prestasi yang mengharumkan Mansaku tersebut, Kepala Madrasah, Drs. Muhammad Wahdan Zani bersyukur atas prestasi pada Olimpiade tersebut. “Alhamdulillah Dua Siswa MAN 1 Kulon Progo sukses meraih Juara Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-7 Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024. Elly Rahmawati sebagai Juara 1 dan Alifah Nur Masyitoh Juara Harapan 2,” ungkapnya.
“Selamat untuk para siswa dan bapak/ibu guru pembimbing. Semoga dengan prestasi Elly dan Alifah ini akan memotivasi siswa lain untuk berprestasi baik dalam Bahasa Arab maupun yang lainnya,” pungkas Wahdan. (nhd/)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *