Guru MI Muhammadiyah Selo Ikuti Workshop Gasing

Kulon Progo (MISEL) – Salah satu guru MI Muhammadiyah Selo, Dewi Wulan Fitriyani, S.Pd. mengikuti workshop pembelajaran Matematika dengan metode gasing. Kegiatan bertempat di Aula KPRI Agung/gedung Eks UPTD Kokap. Agenda diikuti guru SD/MI se-Kapanewon Kokap pada Kamis-Jum’at (5-6/9/2024). Workshop ini merupakan pengimbasan dari pelatihan Gasing yang diikuti oleh Anik Oktavia Gesang, S.Pd., Aris Setiawan, S.Pd., Sidiq Pradana, S.Pd., dan Nurohini Hanifah, S.Pd.

Gasing singkatan dari Gampang, Asik, dan Menyenangkan. Gasing merupakan metode pembelajaran Matematika yang disusun langkah demi langkah. Hal ini agar peserta didik dapat memahami pelajaran Matematika dengan mudah, asik, dan menyenangkan. Penemu metode ini bernama  Profesor Yohanes Surya, Ph.D.

Selama dua hari, seluk beluk materi penjumlahan dapat diikuti peserta dengan penuh semangat. Penyampaian materi dan latihan-latihan diselingi dengan ice breaking seru, tepuk, dan nyanyian. Hal ini senada dengan kesan Dewi sebagai peserta. “Kegiatan workshop sangat menyenangkan. Wawasan saya tentang metodologi pembelajaran bertambah. Saya juga mendapat tepuk dan nyanyian baru sebagai penyemangat belajar siswa,” tuturnya.

“Selama ini saya menjumlahkan bilangan dari belakang. Dengan metode gasing, ternyata penjumlahan bilangan  bisa dilakukan dari depan,” tambahnya.

Kepala madrasah, Supilah, S.Pd.I. M.Pd. menyambut baik kegiatan tersebut. “Kegiatan workshop Gasing sangat diperlukan bagi guru dalam pengembangan diri. Guru dapat ilmu baru yang bermanfaat dalam pembelajaran Matematika,” tanggapnya. ((hnk/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *