Hari Pertama PLP, Mahasiswa UIN Praktik Tulis Berita

Kulon Progo (Kankemenag) – Delapan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melaksanakan Pengenalan Lingkungan Pendidikan (PLP) II di Kankemenag Kulon Progo. Salah satu yang dilaksanakan dalam hari pertama PLP adalah praktik penulisan berita sebagai bahan publikasi. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Syaprizal mengungkapkan hal itu di sela-sela magangnya di kantor setempat, Senin (9/9/2024) siang.

“Saya belajar cara penulisan berita yang efektif dan cara mengunggah berita dengan baik. Saya mendapatkan panduan mendetail tentang struktur berita yang baik. Mulai dari mengelola bahasa yang baik hingga penulisan judul yang menarik. Selain itu, saya  juga mempraktikkan cara mengunggah berita dan dokumentasi berita ke sistem dengan benar. Memastikan semua informasi terintegrasi dengan baik dan dapat diakses oleh publik sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujarnya.

“Saya tidak hanya belajar sampai berita terunggah, tetapi juga bagaimana cara merilis berita ke media supaya agar bisa terpublikasikan lebih luas lagi,” imbuh Syaprizal.

“Selain itu saya diperkenalkan dengan sistem manajemen persuratan yang digunakan di Kankemenag Kulon Progo. Saya mempelajari cara memasukkan data surat masuk maupun keluar ke dalam sistem. Saya juga harus memahami prosedur yang harus diikuti untuk memastikan akurasi dan keamanan informasi. Pengalaman ini memberikan saya pengetahuan yang lebih baik tentang pentingnya dokumentasi yang rapi dan efisien dalam administrasi pemerintah,” pungkasnya.

Kasubbag TU Kankemenag Kulon Progo, H. Saeful Hadi, S.Ag. M.Pd.I. mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut. “Kami mengapresiasi kepada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang tengah magang di Kankemenag Kulon Progo. Semoga apa yang didapatkan di Kankemenag Kulon Progo ini bisa menjadi bekal nanti dalam dunia kerja,” tuturnya.

“Publikasi ini sangat penting dalam rangka membangun citra instansi dan sebagai bentuk keterbukaan informasi publik,” tutup Saeful. (abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *