Kabid Dikmad Kanwil Kemenag DIY, Ajak Guru Pegawai MandaKu Bangun Self-Leadership 

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama DIY, Abd Suud, S.Ag, M.Si., mengajak para guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo untuk membangun self-leadership dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada para siswa. Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada seminar bertema “The Essential Role of Self-Leadership – Mendorong Kualitas Kepemimpinan dari Berkemajuan” yang digelar di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan, Kamis, (19/09/2024).

Dalam sambutannya, Abd Suud menekankan pentingnya peran madrasah sebagai tempat untuk mengabdi dan berkembang, tidak sekadar sebagai tempat bekerja. Menurutnya, madrasah merupakan “rumah” bagi para guru dan pegawai. “Madrasah bukan hanya sekadar tempat bekerja, tetapi rumah bagi guru dan pegawai. Ketika seseorang menjadi guru, itu adalah totalitas dalam melaksanakan tugas di madrasah, yang efek positifnya adalah kebahagiaan. Guru tidak hanya sekadar agent of information atau jembatan ilmu, tetapi juga sebagai pemimpin dan fasilitator bagi para siswanya,” jelas Abd Suud.

Lebih lanjut, Abd Suud menekankan bahwa guru dan pegawai tidak hanya dituntut untuk menyampaikan materi pelajaran atau menjalankan fungsi administratif, tetapi juga harus menjadi pemimpin yang menginspirasi, memberi contoh, dan membimbing siswa serta rekan kerja. Dengan self-leadership, guru dan pegawai dapat mengembangkan kemampuan untuk memimpin diri sendiri, mengelola emosi, mengambil keputusan yang tepat, serta membangun kepercayaan diri. Hal ini memungkinkan mereka mengarahkan orang lain menuju pencapaian yang lebih tinggi dan membawa perubahan positif yang dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Pada kesempatan tersebut, Abd Suud juga mengukuhkan enam guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo sebagai agen perubahan, yaitu Dra. Siti Muslimah, M.Pd (bidang pendidikan karakter), Dwi Rina Yunianti, S.Si (bidang literasi), Maristesa Harsal, S.Pd (bidang mercusuar dan prestasi), Fahri Alfiansyah, A.Md.Kom (bidang pelayanan publik), H. Pujarsono, S.Pd (bidang penguatan bahasa Inggris), dan Yuli Irawan, S.T (bidang media pembelajaran).

Seminar yang dihadiri para guru dan pegawai tersebut menghadirkan M. Riza Perdana Kusuma, seorang Profesional Practicioner Speaker, sebagai narasumber. Dalam materinya, Riza mengajak seluruh peserta seminar untuk menjadi agen perubahan di MAN 2 Kulon Progo. “Salah satu kunci perubahan dan kemajuan MAN 2 Kulon Progo adalah guru dan pegawai. Mari tingkatkan kompetensi kepemimpinan diri (self-leadership),” ujar Riza. Menurutnya, setiap orang bisa menjadi pemimpin apabila mampu menggerakkan, mempengaruhi, dan menginspirasi lingkungan sekitarnya. (gia/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *