Kepala Kankemenag Kulon Progo Resmikan Wall Climbing Mansaku

Kulon Progo (MAN1KP) – MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) menggelar Acara Lomba Panjat Tebing Tingkat Pelajar Daerah Istimewa Yogyakarta yang berlangsung Rabu hingga Kamis (25-26/9/2024) sehubungan peresmian Papan Panjat Tebing (Wall Climbing) MAN 1 Kulon Progo.

Acara dihadiri oleh Ketua Harian Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) DIY, Amar Syah, SH., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., Kabid Pemuda dan Olahraga Pemkab setempat, Akhid Nur Hartono, S.Pt., MM., Ketua KONI Kulon Progo, Kusdira, BA., Pengurus FPTI Kabupaten, Pengawas Madrasah, Hj. Kalimah, S.Ag., MA., Muspika Pengasih, Lurah Pengasih, serta tamu undangan dari beberapa instansi di Kapanewon Pengasih.

Acara diawali dengan penampilan dari tim Marching Band Mansaku, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo sekaligus meresmikan Papan Panjat Tebing MAN 1 Kulon Progo ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Wahib Jamil menyampaikan bahwa kebersamaan dan kesetaraan lembaga itu perlu dijaga agar terbentuk sebuah keharmonisan. “Antar lembaga, bukan menjadi pesaing, tetapi menciptakan generasi emas dan membawa banyak prestasi ke masa yang akan datang,” ujarnya.

Ditemui saat jeda pergantian kategori, ketua panitia, Dra. Sukarni. M.Pd. memaparkan bahwa tujuan kegiatan tersebut. “Kami menyelenggarakan lomba panjat tebing ini, selain untuk menjalin silaturahmi sesama atlet, khususnya pelajar, juga sebagai tolak ukur untuk latihan bersama, dan untuk menyosialisasikan bahwa ekstra panjat tebing bukanlah ekstra yang ekstrim, melainkan ekstra yang menyenangkan. Selain itu agar bakat minat anak tersalurkan, karena tidak semua anak sukses dalam bidang akademik,” papar Sukarni yang juga guru Bimbingan Konseling (BK) Mansaku.

Lebih lanjut Sukarni menambahkan bahwa peserta dibagi dalam beberapa kategori, yakni kategori SD/MI, kategori SMP/MTs/SMA/MA/SMK sederajat, dan kategori Madrasah. Pada hari pertama ini, Rabu (25/9/2024) adalah kualifikasi untuk menentukan peserta yang akan bertanding di babak final pada esok hari.

 

Pada kesempatan yang sama, salah satu peserta, Angger Nariyah Ridwan dari MAN 1 Yogyakarta menyampaikan bahwa ia mengikuti perlombaan tersebut untuk menambah pengalaman, relasi, dan berharap akan menang. Ia mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi mulai dari awal Agustus. Peserta lainnya, Efisa Nadya Janeta dari SDN Dukuh menuturkan bahwa ia berlatih dengan konsisten kurang lebih selama dua pekan, dan berharap mendapat hasil yang terbaik.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani berharap kepada semua peserta untuk menjadikan perlombaan tersebut menjadi ajang silaturahmi dan menjadikannya persaingan yang memicu prestasi.
“Semoga semua peserta yang terdiri dari siswa-siswi yang berasal dari berbagai sekolah di DIY menjadi lebih semangat dalam mengasah bakatnya terkhusus di bidang panjat tebing,” harap Wahdan. (bil/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *