Kepala MAN 3 Kulon Progo Resmikan Koperasi Siswa JAYA MAGAPRO

Kulon Progo (MAN3KP) – Koperasi siswa MAN 3 Kulon Progo “JAYA MAGAPRO” secara resmi dibuka oleh kepala madrasah, Syaefulani, S.Ag., M.Pd., pada Selasa (24/9/2024) bertempat di Ruang Sirkulasi Madrasah setempat dan dihadiri oleh perwakilan siswa masing-masing kelas dan guru. Pembukaan koperasi siswa ini bertujuan untuk memperkuat pembelajaran pengembangan koperasi kerakyatan bagi pelajar. Tentunya melalui koperasi siswa ini diharapkan akan terpenuhi segala kebutuhan para siswa, baik formil maupun materil.

Tri Agung Nugrooho, S.Pd. selaku koordinator menegaskan bahwa untuk menghidupkan koperasi siswa sangatlah penting. “Selain sebagai wadah dalam menerapkan ilmu ekonomi yang sudah mereka dapatkan didalam kelas, tentunya juga untuk memfasilitasi kebutuhan siswa dalam halnya penyediaan kelengkapan siswa,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Kepala madrasah menyampaikan “Madrasah selain mengajarkan ilmu agama kepada siswa juga mengajarkan berbagai aspek yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya keterampilan berwirausaha,” tutur Syaefulani.

Hal itu diharapkan menjadi bekal setelah lulus nantinya siswa mampu menerapkan skill wirausaha tersebut dalam kehidupan. “Maka dari itu, koperasi siswa yang hari ini kita launching menjadi wadah menerapkan ilmu yang telah kalian dapatkan dalam mata pelajaran ekonomi dalam hal kewirausahaan, selain itu juga, melatih kemandirian, tanggung jawab, kejujuran dan semangat kerja keras. Meskipun saat ini wujud koperasi siswa masih sederhana tapi kedepannya melalui bimbingan bapak/ibu guru pastinya akan maju dan menjadi lebih baik,” harapnya.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh kepala madrasah serta didampingi Waka Kesiswaan, Suprapto, S.Pd. dan koordinator koperasi siswa, Tri Agung Nugroho, S.Pd. Untuk sementara koperasi siswa “JAYA MAGAPRO” menyediakan kelengkapan siswa seperti alat tulis. Kedepannya tentunya akan semakin lengkap dengan kebutuhan siswa lainnya.

Adapun dalam teknis pelaksanaanya telah dibentuk penanggung jawab yang didalamnya terdiri dari perwakilan siswa dari masing-masing kelas yang telah dijadwalkan untuk bertugas bertaanggung jawab pelaksanaan sehari-harinya. (fif/dpj).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *