Peringati World Clean Up Day, MAN 3 Kulon Progo Gelar Kerja Bakti dan Baksos

Kulon Progo (MAN3KP) – Bertepatan dengan agenda rutin pekan keempat setiap bulannya, Adiwiyata MAN 3 Kulon Progo turut serta peringati World Clean Up Day Tahun 2024. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni kerja bakti dan bakti sosial. Seluruh warga medrasah melakukan bersih-bersih di area sekitar madrasah dan lingkungan madrasah. Kegiatan dilaksanakan pada Senin (23/9/2024) pagi, setelah kegiatan Asmaul Husna.

Masing-masing kelas dibagi menjadi beberapa titik Lokasi kerja bakti. Antara lain lingkungan dalam madrasah, lingkungan masjid Sultan Agung, lingkungan sepanjang jalan depan Kapanewon, Polres Kalibawang, lingkungan depan Gedung PUPR dan lingkungan sekitar embung krapyak.

Nur Ridho, S.Pd selaku koordinator adiwiyata menyampaikan bahwa kegiatan ini semata-mata tidak hanya dalam rangka memperingati world clean up day. “World Clean Up Day merupaakan sebuaah Gerakan berskala global yang bertujuan untuk mengajak Masyarakat untuk bersatu bergotong royong menjaga dan membersihkan bumi dari sampah,” ujarnya.

“Selain itu, sebagai sekolah adiwiyata, tentunya MAN 3 Kulon Progo mengambil peran penting dalam menjaga lingkungan dalam dan luar madrasah, selain itu juga kewajiban bagi kami untuk menyosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian alam melalui karakter peduli lingkungan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MAN 3 Kulon Progo Syaefulani, S.Ag., M.Pd menegaskan, “Gerakan peduli lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama dimanapun kita berada. Oleh karena itu, kegiatan ini tentunya telah menjadi agenda rutin minimal sekali setiap bulannya untuk menumbuhkan karakter peduli lingkungan kepada siswa siswi kami. Dengan harapan, karakter tersebut tumbuh dan diimplementasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari”, imbuhnya.

Selain aksi bersih-bersih dan bakti social membersihkan lingkungan sekitar madrasah, kegiatan ini juga dilengkapi dengan sosialisasi sadar lingkungan kepada masyarakat di sekitar madrasah. (fif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *