Semarakkan Manunggal Fair 2024, MandaKu Tampilkan Produk Unggulan Program Keterampilan

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Stand MAN 2 Kulon Progo turut menyemarakkan Manunggal Fair 2024, sebuah pameran pembangunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Acara ini berlangsung dari tanggal 27 September hingga 5 Oktober 2024 dan menampilkan berbagai inovasi dari instansi pemerintah, swasta, hingga lembaga pendidikan.

MandaKu dipercaya mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo dalam pameran tahunan ini, dengan menampilkan berbagai produk unggulan dari program keterampilan serta program-program lainnya.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., menyatakan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan kepada madrasahnya untuk berpartisipasi dalam acara ini. “Kami merasa terhormat bisa mewakili Kantor Kementerian Agama Kulon Progo di Manunggal Fair 2024.

Stand MAN 2 Kulon Progo menampilkan hasil karya dari program keterampilan yang kami miliki, mulai dari agribisnis, tata boga, tata busana, desain komunikasi visual, hingga teknik audio video. Ini adalah bentuk nyata dari komitmen kami dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan berorientasi pada keterampilan hidup,” ujarnya.

Persiapan untuk pameran ini turut dipantau langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. Beliau menyempatkan diri meninjau persiapan stand MAN 2 Kulon Progo dan memberikan apresiasi terhadap kreativitas dan inovasi yang dipamerkan. “Partisipasi MAN 2 Kulon Progo di Manunggal Fair ini menjadi contoh bagaimana madrasah mampu menunjukkan peran aktif dalam pembangunan daerah, melalui pendidikan berbasis keterampilan dan inovasi,” kata Wahib Jamil.

Adapun Koordinator Stand MAN 2 Kulon Progo, Imam Muttaqien, S.TP., yang juga Kepala Unit Produksi Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo, menyampaikan bahwa dalam pameran ini semua program keterampilan ditampilkan secara maksimal. “MAN 2 Kulon Progo tidak hanya memiliki kelas akademik, tetapi juga program keterampilan yang terdiri dari Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, Tata Busana, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Teknik Audio Video (TAV). Di Manunggal Fair 2024 ini, kami menampilkan produk-produk unggulan dari setiap program. Di samping dari program keterampilan, oraganisasi kesiswaan Tim Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo juga turut menampilkan busana-busana hasil waste reuse,” jelas Imam Muttaqien.

Program keterampilan APHP memamerkan produk-produk seperti Mandagurt (olahan yogurt susu kambing etawa), Mandafir (kefir susu kambing etawa), serta Mandalato Ice Cream (es krim), minuman segar, dan kue kering. Sementara itu, dari program keterampilan Tata Busana, mereka menampilkan beragam kain ecoprint, shibori, batik, serta busana hasil rancangan siswa. Produk-produk tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pameran.

Program keterampilan Desain Komunikasi Visual (DKV) juga turut memeriahkan stand dengan berbagai produk cinderamata seperti desain tulisan dan gambar pada mug, piring, hingga souvenir lainnya. Tak ketinggalan, program keterampilan TAV (Teknik Audio Visual) menghadirkan produk-produk video dan film yang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik.

Stand MAN 2 Kulon Progo sudah mulai dipadati oleh para pengunjung walaupun Manunggal Fair 2024 belum dibuka secara resmi. Dengan partisipasi ini, MAN 2 Kulon Progo menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada aspek akademis, tetapi juga keterampilan yang siap bersaing di dunia kerja. (gia/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *