Siapkan Pemimpin Unggul, MTsN 6 Kulon Progo Gelar Seleksi Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Kulon Progo (MTsN 6 KP) – MTsN 6 Kulon Progo kembali menyelenggarakan seleksi Ketua dan Wakil Ketua OSIS untuk periode 2024/2025, Selasa 24 September 2024 di ruang lab IPA. Kegiatan ini menjadi salah satu agenda tahunan yang bertujuan untuk memilih pemimpin siswa yang berkomitmen dalam menggerakkan berbagai program dan kegiatan sekolah. Seleksi dilaksanakan dengan penuh semangat oleh para peserta yang berasal dari berbagai kelas.

Proses seleksi kali ini diawali dengan tahap penjaringan calon, di mana setiap siswa dipersilahkan untuk mendaftar atau dengan setiap kelas mengusulkan kandidat terbaiknya. Selanjutnya, para calon ketua dan wakil ketua menjalani serangkaian tes, mulai dari tes tertulis, tes wawasan kepemimpinan, tes baca Al-Qur’an, dan kemampuan komunikasi di depan tim seleksi.

Seleksi Ketua dan Wakil Ketua Osis MTsN 6 Kulon Progo diikuti oleh duabelas kandidat, mereka adalah Ridho Putra, Asyhifa Novelia Aqila Putri, Laila Mulia Sari, dan Fadlil Luthfian Nadhira kandidat dari kelas 8A. Sementara dari kelas 8B ada lima kandidat diantaranya Ibnu Athala, Heru Dwi Rahmadi, Fara Asiyah Hapsari, Nabila Thalita Shaki dan Qurota’ain Dina Susanti. Sedangkan dari kelas 8C mengirimkan Daffa Meilady Wardhana dan dari kelas 8D diwakili Bagas Eka Satria dan Ramdan Akbar Nursepta Wardana.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Ani Romadhoni, S.Pd. menyampaikan bahwa pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS ini bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga sebagai pembelajaran demokrasi di lingkungan sekolah. “Proses ini mengajarkan siswa tentang pentingnya kepemimpinan yang bertanggung jawab dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar bekerja dalam tim,” ungkap Ani.

Ditemui diruang kerjanya Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S. Ag., M.S.I. mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim seleksi dan seluruh pihak yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. “Proses seleksi Ketua dan Wakil Ketua OSIS merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan sekolah, karena melalui kegiatan ini kita memberikan kesempatan kepada para siswa untuk melatih diri menjadi pemimpin. Kepemimpinan bukanlah hal yang mudah, namun dengan niat dan tekad yang kuat, saya yakin kalian bisa menjadi teladan bagi teman-teman lainnya,” papar Riza. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *