Siswi MTsN 1 Kulon Progo Ikuti Pemeriksaan Hemoglobin

Kulon Progo (MTsN1KP) – Dalam upaya menjaga kesehatan siswa, MTsN 1 Kulon Progo bekerja sama dengan Puskesmas Wates menggelar pemeriksaan hemoglobin (Hb) pada Senin (2/9/2024) di madrasah setempat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswi kelas 7 dan 9 sebagai langkah preventif untuk mendeteksi dini anemia, khususnya pada remaja putri.

Purwitaningrum, S.Sn, selaku Pembina UKS menyampaikan tujuan kegiatan. “Pemeriksaan Hb ini sangat penting, terutama untuk siswa putri yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan mengetahui kadar Hb siswa, kita dapat memberikan penanganan yang tepat jika ditemukan kasus anemia. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai edukasi bagi siswa dan orang tua tentang pentingnya menjaga asupan gizi yang seimbang,” ujarnya.

Rismawati, salah satu petugas Puskesmas memberikan edukasi terkait pemeriksaan HB kepada siswa. “Hemoglobin atau HB yang rendah menunjukkan adanya kekurangan oksigen dalam sel darah merah. Jika dibiarkan, tubuh akan merasa lemah dan cepat lelah. Kondisi ini tentu sangat mengganggu bagi kalian pada saat belajar baik di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, kalian harus cukup makan makanan yang bergizi dan tinggi zat besi,” ujar Risma. (ela/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *