MandaKu Wakili MA Plus Keterampilan dalam Expo Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024

Jakarta (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo kembali dipercaya untuk mengharumkan nama madrasah dengan menjadi perwakilan Madrasah Aliyah Plus Keterampilan se-Indonesia dalam Expo Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024.

Kegiatan ini menjadi bagian dari Seminar Nasional Diseminasi Hasil AKMI 2024 dalam rangka Implementasi Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) REP-MEQR Tahun Anggaran 2024. Acara berlangsung pada Senin hingga Kamis, (14-17/10/2024), bertempat di REDTOP Hotel & Convention Center, Jakarta Pusat.

Expo ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dan menampilkan berbagai inovasi serta hasil karya dari madrasah-madrasah di seluruh Indonesia. MAN 2 Kulon Progo mendapat kehormatan sebagai wakil dari Madrasah Aliyah Plus Keterampilan se-Indonesia, dengan menghadirkan produk-produk unggulan karya siswa dari lima program keterampilan yang ditawarkan.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., mengungkapkan kebanggaannya atas kepercayaan ini. “Kami merasa terhormat dan bangga bisa mewakili Madrasah Aliyah Plus Keterampilan se-Indonesia dalam Expo Memperingati AKMI 2024. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan karya dan inovasi siswa kami kepada khalayak yang lebih luas. MAN 2 Kulon Progo akan terus berkomitmen untuk mengembangkan keterampilan siswa melalui program keterampilan yang kami miliki,” ujar Hartiningsih.

Imam Muttaqien, S.TP, selaku Kepala Unit Produksi Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo, menjelaskan bahwa dalam expo tersebut, pihaknya menyajikan berbagai produk unggulan dari program keterampilan seperti Agroindustri Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan Tata Boga, antara lain yogurt, kefir, vco, kubana, pie susu, kacang kribo, kue kering, roti manis, brownies, herbal instan, gula semut, dan telur asin. Sementara dari program keterampilan Tata Busana, MAN 2 Kulon Progo menampilkan karya seperti kain ecoprint, kain ecotic, kain shibori, tas ecoprint, dan tas canvas. Dari bidang Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Teknik Audio Visual (TAV), mereka menyuguhkan produk seperti mug, pin, dan tumbler.

“Kami sangat bangga bisa menampilkan produk-produk unggulan hasil karya siswa-siswa kami. Ini adalah hasil dari kerja keras dan pembinaan yang terus kami lakukan di madrasah. Dengan mengikuti kegiatan expo seperti ini, kami berharap siswa dapat semakin termotivasi untuk mengembangkan kemampuan keterampilan mereka,” ujar Imam Muttaqien.

Expo ini tidak hanya menjadi ajang pameran hasil karya, tetapi juga sebagai wujud nyata dari implementasi pendidikan vokasi yang semakin diperkuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. (gia/dpj)

5 replies
  1. Imam Muttaqien
    Imam Muttaqien says:

    Alhamdulillah, meski expo berturut turut mulai Kalimantan, Manunggal Fair, dan Di Jakarta, MANDAKU tetap maksimal dalam persiapan maupun pelaksanaannya

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *