Peringati Hari Kesaktian Pancasila, MAN 1 Kulon Progo Gelar Apel

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) mengadakan Apel dan Penyerahan Puluhan Piala Kejuaraan pada Selasa (1/10/2024). Apel yang dilaksanakan di lapangan madrasah tersebut diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan pegawai MAN 1 Kulon Progo. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani usai pelaksanaan apel.

“Alhamdulillah hari ini seluruh warga MAN 1 Kulon Progo dapat mengikuti apel dalam rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan telah berjalan dengan lancar. Sedangkan yang bertindak sebagai pembina apel kali ini adalah Bapak Khudlori selaku Wakil Kepala Urusan Kehumasan,” tutur Wahdan.

  • Dalam sambutannya, Khudlori membacakan Ikrar yang ditulis oleh Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. IKRAR yang dibacakan yaitu Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:
  • Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara;
  • Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Staf Kesiswaan, Vera Veronica, S.Pd., menyampaikan pengumuman dan pembagian puluhan piala kejuaraan antara lain Raden Zidan Rafi’ Alaudin (XC) dalam Gladi Panahan Junior #2 Tingkat DIY memperoleh Juara 1 Kualifikasi Compound U18 Putra dan Juara 1 Eliminasi Compound U18 Putra.
Kemudian dalam kejuaraan Karate Tingkat Kabupaten Kulon Progo “ESPEGA CUP” 10 karateka MAN 1 Kulon Progo berhasil meraih juara, antara lain: Zahratul Munafisah (XII IPS 2) Juara 1 Fest Junior Sabuk Biru PI, Rahma Linda Agustina (XII IPS 2) Juara 2 Fest Junior Sabuk Biru PI, Mazaya Nur Alifia (XI D) Juara 1 Fest Junior Kata Sabuk Putih, Zaskya Nur Fauziah (XI D) Juara 1 Fest Junior Kata Sabuk Putih PI, Evan Fadhilah (XI A) Juara 2 Kumite Open -68kg, Andika Bima Kurniawan (XII MIPA 1) Juara 1 Kumite Open -61, Gavin Maisan Raditya (XI A) Juara 2 Kumite Open -61, Muhammad Ihsan Setia Aji (XF) Juara 1 Fest Kumite Kadet -57kg Putih PA, Dimas Putra Ramadhan (XA) Juara 1 Fest Kumite Junior -61 Putih PA, Luthfinza Latief Anggara (XE) Juara 2 Fest Kumite Junior -61 Putih PA;

Sedangkan dalam Kulon Progo Soundsport Competition 2024, Tim Marching Band MAN 1 Kulon Progo juga berhasil meraih juara antara lain: Juara 1 Drumline Battle Senior Class, Juara 1 Overall Impression Soundsport Senior Class (Brass), Juara 1 Visual Performance Soundsport Senior Class (Brass), Juara 1 Music Performance Soundsport Senior Class (Brass), Juara 2 Music Analysis Soundsport Senior Class (Marching), Juara 2 Marching Performance Soundsport Senior Class (Marching), Juara 2 Street Parade Soundsport Senior Class (Marching), Juara 2 Field Commander Soundsport Senior Class (SMA/K) – Dea Prastiya, Juara 2 Mayoret Soundsport Senior Class (SMA/K) – Muna Salma Azzahro, dan Juara 3 Mayoret Soundsport Senior Class (SMA/K) – Rika Merdina Ambar Watik.

Menanggapi perolehan kejuaraan yang diraih siswa MAN 1 Kulon Progo tersebut, Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Mujiyana, S.Pd. menyampaikan harapan besar pada siswanya. “Semoga dengan puluhan kejuaraan ini akan menambah semangat siswa untuk berlatih dan berprestasi baik di bidang akademik, olahraga, ataupun yang lainnya,” harap Muji. (nhd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *