Tingkatkan Layanan, Kankemenag Kulon Progo Adaakan Review SP dan SOP KUA

Kulon Progo (Kankemenag) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo menggelar kegiatan Koordinasi Penyeragaman Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) Kantor Urusan Agama (KUA) pada Selasa, (14/10/2025), bertempat di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kemenag Kulon Progo.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala KUA se-Kulon Progo beserta staf yang membidangi penyusunan dan pelaksanaan SOP. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd.I., dan Kasi Bimas Islam, Muhammad Qomaruzzaman, S.Ag., M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Kulon Progo H.M. Wahib Jamil,S.Ag.,M.Pd menegaskan bahwa SOP merupakan instrumen yang dinamis dan perlu disesuaikan secara berkala mengikuti perkembangan regulasi yang berlaku.

“SOP dan Standar Pelayanan perlu direfresh agar tetap selaras dengan dinamika peraturan perundang-undangan serta tuntutan pelayanan publik yang semakin tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Bimas Islam, M.Qomaruzzaman,S.Ag.,M.S.I menekankan pentingnya peran KUA sebagai garda terdepan layanan Kementerian Agama.

“KUA adalah wajah Kemenag di mata masyarakat. Karena itu, pelayanan yang diberikan harus sesuai dengan SOP dan berorientasi pada kepuasan publik,” tegasnya.

Kegiatan dipandu oleh Agung Mabruri dari Subbag TU Kankemenag Kulon Progo. Adapun materi tentang Standar Pelayanan disampaikan oleh Ahmad Mahmudi, S.H.I., Penghulu KUA Nanggulan, sedangkan materi tentang SOP disampaikan oleh Sugiyanto, staf kepegawaian Kemenag Kulon Progo.

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh KUA di Kulon Progo memiliki keseragaman dalam penerapan SOP dan Standar Pelayanan sehingga mutu layanan publik Kementerian Agama semakin meningkat dan terpercaya di masyarakat. (col/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *