Evaluasi PPKM Darurat, Gugus Tugas Covid-19: Ayo Takbiran dan Shalat Idul Adha di Rumah

Kulon Progo (Kankemenag) – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kulon Progo mengajak umat Islam takbiran dan shalat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Penyembelihan qurban juga agar sesuai edaran Bupati yaitu di RPH-R atau  ditempat yang direkomendasi oleh Tim verifikasi kabupaten cq Dinas Pertanian dan pangan beserta Kankemenag. Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kulon Progo yang juga Wakil Bupati, Fajar Gegana menyampaikan hal itu dalam Rapat Evaluasi PPKM Darurat di masjid yang berlangsung secara daring, Sabtu (17/7/2021) sore.

“Ayo takbiran dan shalat Idul Adha di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Penyembelihan hewan qurban juga untuk mengikuti edaran Bupati, yaitu di RPH-R atau ditempat yang direkomendasi oleh Tim verifikasi kabupaten cq. Dinas Pertanian dan Pangan beserta Kankemenag,” tegasnya.

“PPKM Darurat dilaksanakan semata-mata untuk melindungi masyarakat dari penularan Covid-19. Kita berduka banyak Ulama, Kyai, Ustadz, Tokoh Agama bahkan keluarga kita yang meninggal karena Covid 19. Maka Ibadah di rumah untuk menjaga beliau-beliau yang sehat. Karena 1 Tokoh Agama meninggal, itu tidak mudah untuk mencari pengganti dan penerusnya. Untuk menjadi Ulama, Tokoh Agama butuh berpuluh-puluh tahun prosesnya,” terang Fajar.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil menindaklanjuti hasil evaluasi dengan menggelar Rakor dan Mujahadah secara daring juga pada Sabtu (17/7/2021) malam. “Kankemenag melakukan tindak lanjut dengan rakor dan mujahadah bersama seluruh jajaran Kemenag termasuk kua dan penyuluh,” ujar Jamil.

“Semoga doa yang kita panjatkan kehadirat Allah SWT diijabah. Allah segera mengangkat Covid-19 dari bumi ini, dan kehidupan kembali normal seperti sedia kala,” harapnya.

Rapat evaluasi PPKM Darurat di masjid tersebut digelar secara daring bersama Kakanwil Kemenag DIY. Untuk Gugus Tugas Covid-19 Kulon Progo mengikuti dari Command Room Dinas Kominfo setempat. Hadir Wakil Bupati (Ketua Gugus Tugas Covid-19, Sekda, Asekda, Kakankemenag. Kabag Kesra, Polres, dan BPBD. Sementara Kodim, MUI, PCNU, PDM, DMI dan Kasi Bimas Islam dari kediaman masing-masing. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *