Buka KSM Online, Kakan Wahib Jamil: Madrasah Menuju Kelas Dunia

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah secara online. Hal ini dilakukan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Meski dilaksanakan secara online namun  diharapkan dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan dalam Pembukaan KSM online tersebut dari Aula Riptaloka kantor setempat dan diikuti oleh semua madrasahnya secara daring via Zoom Meeting, Sabtu (21/8/2021) pagi.

“Meski dilakukan secara online karena masih pandemi, namun harapannya dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang terbaik. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha, Allah-lah yang menentukan hasilnya. Karena itu kami pesankan ‘Doran’. Ojo maido marang pangeran,” pesan Kakan.

“Niatkan mengikuti kompetisi ini tidak hanya ingin mendapat kejuaraan saja. Tetapi harus niat dapat hidayah dan hadiah. Semoga pelaksanaan KSM tahun 2021 berjalan lancar dan menghasilkan peserta yang nantinya bisa mengikuti ke tingkat propinsi bahkan sampai Nasional. Dari Kulon Progo untuk Indonesia. Madrasah mandiri, berprestasi, menuju kelas dunia,” imbuhnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd. menyampaikan bahwa KSM akan berlangsung selama 3 hari, Sabtu-Senin (21-23/8/2021). “Sabtu (21/8/2021) untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) dengan 24 peserta terbagi menjadi 6 Mapel, yaitu Matematika Terintegrasi, Fisika Terintregasi, Kimia Terintregasi, Ekonomi Terintregasi, Geografi Terintregasi, dan Biologi Terintegrasi,” ujarnya.

“Selanjutnya untuk Ahad (22/8/2021) peserta dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 36 dengan 3 Mapel, yaitu IPA Terintegrasi, IPS Terintegrasi, dan Matematika Terintegrasi. Sedangkan Senin (23/8/2021) untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 48 peserta dengan 2 Mapel, yakni Matematika Terintregasi dan IPA Terintegrasi,” terang Dwi.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan bahwa dari sejumlah 53 madrasah, yang mengikuti KSM tahun 2021 berjumlah 42. “Masih ada 11 madrasah yang belum bisa mengikutinya KSM tahun ini. Semoga  untuk tahun-tahun berikutnya semua madrasah bisa mengikutinya,” pungkasnya. (hst/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *