Semua Guru Bahasa Indonesia MAN 2 Kulon Progo Andil dalam Antologi Artikel di MGMP


Kulon Progo (MAN2KP) – Berangkat dari salah satu agenda MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) bahasa Indonesia MA (Madrasah Aliyah) DIY yang bekerja sama dengan FKIP (Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan) UAD. Kerjasama dalam bentuk pelatihan penulisan artikel ilmiah yang dilaksanakan secara daring dalam kurang lebih delapan pertemuan dari bulan April hingga Juni lalu, terbitlah sebuah buku antologi karya ilmiah. Buku berjudul Cakrawala Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang merupakan antologi artikel guru bahasa Indonesia MA DIY ini akhirnya dilaunching, Selasa (26/10/2021). Bersamaan dengan agenda Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang diikuti 40 peserta dari guru-guru Bahasa Indonesia terpilih dari seluruh DIY di Hotel Madina Inn Jalan Taman Siswa Yogyakarta.

Berkenan melaunching, Kaprodi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD, Roni Sulistiyono, M.Pd.. dengan disaksikan Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Yogyakarta, Murtinah, S.Pd., M.A. “Dengan diterbitkannya buku antologi karya ilmiah ini diharapkan bisa menambah semangat para penulis khususnya guru Bahasa Indonesia, sehingga ke depannya menghasilkan karya tulis yang lebih baik lagi,” harap Roni yang juga merupakan salah satu dari tiga dosen pembimbing dalam penulisan ini sekaligus sebagai Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Bahasa dan Satra Indonesia FKIP UAD. Dua dosen lainnya yakni Sudaryanto, M.Pd. yang juga berkesempatan hadir, sedang Dra. Triwati Rahayu, M. Hum. berhalangan hadir.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. pun mengapresiasi hal ini. “Apresiasi yang luar biasa untuk guru mapel Bahasa Indonesia yang telah berkontsribusi bersama guru-guru se-DIY dalam penulisan publikasi ilmiah. Ini menjadi salah satu bukti nyata kontribusi guru MANDAKU dalam pengembangan kompetensi diri yang tentunya juga akan berimbas pada peningkatan mutu pembelajaran,” papar Hartiningsih yang saat berita ini diturunkan juga tengah mengikuti diklat kepala madrasah.

Semangat menulis artikel ilmiah pun berhasil dikobarkan ketiganya sehingga membuat semua guru bahasa Indonesia khususnya MAN 2 Kulon Progo yang tergabung di MGMP MA Bahasa Indonesia, turut andil dalam penulisan buku setebal 337 halaman dengan sampul hard glosy berwarna kuning ini. Mereka adalah Esti Sukapsih, M.Pd. dan Sudaluwan, S.Pd. dengan judul Pembuatan Video Teks Prosedur untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa, Astiti, S.Pd. dengan judul Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Sejarah Pribadi pada Siswa, dan Maristessa Harsal, S.Pd. dengan judul Pemanfaatan Artikel dalam Pembelajaran Menulis Puisi. (ast/abi).
Tetap sehat dan semangat
#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *