Belajar Jurnalistik di Kankemenag Kulon Progo, DPL Berikan Apresiasi Mahasiswa PLP UIN SUKA Yogyakarta

Kulon Progo (Kankemenag) – Mahasiswa PLP-KKN Integratif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta belajar jurnalistik tentang tata cara penulisan berita dan liputan acara bersama Pranata Humas Kankemenag Kulon Progo. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun citra positif di lingkungan Kankemenag Kulon Progo dan Mahasiswa PLP-KKN Integratif UIN SUKA Yogyakarta. Ketua PLP-KKN UIN SUKA Yogyakarta, Ahmad Nasirul Huda menyampaikan hal tersebut di sela-sela mengikuti kegiatan tersebut yang berlangsung di Aula Riptaloka Kankemenag Kulon Progo, Senin (26/9/2022) pagi.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membangun citra positif di lingkungan Kankemenag Kulon Progo khususnya dan mengangkat nama almamater kami,” ujar Huda.

Huda juga menyampaikan kesan positif dengan adanya kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sungguh bermanfaat agar kami sebagai mahasiswa mengetahui tata cara menulis berita dan liputan acara yang baik dan benar,” imbuhnya.

Sementara itu Pranata Humas Kankemenag Kulon Progo, Dian Purnamajati, S.E sebagai fasilitator menyampaikan beberapa poin penting tentang penulisan berita. “Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis berita. Di antaranya adalah menulis judul yang menarik, pokok berita yang jelas, terdapat ungkapan kalimat langsung dari narasumber berita, dan penulisan inisial penulis di akhir berita,” terang Dian.

Kegiatan belajar jurnalistik tersebut mendapat apresiasi dari Dosen Pembinbing Lapangan (DPL), Heru Sulistiyo, M.Pd. “Apresiasi positif kepada mahasiswa yang telah bersemangat dalam melakukan kegiatan jurnalistik tersebut. Saya mendukung penuh dengan adanya kegiatan ini. Saya yakin mahasiswa yang di saat bersamaan sedang melakukan PLP-KKN ini akan diajarkan cara menyusun bahan berita, mengolah, dan menyajikan data dalam bentuk tulisan, serta diinformasikan melalui media. Salah satunya melalui website,” tutur Heru.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Mahasiswa PLP-KKN Integratif UIN SUKA, yaitu Helga Maghfira, Nindi Kurnia Ilahi, Waffa Aisyah, Silvi Nadiyatul Hasanah, Tsania Salamatul Umi, Muhamad Roli, Nurijal, Ahmad Nasirul Huda, Samahi Hishni Ahmad, dan Pranata Humas Kankemenang Kulon Progo, Dian Purnamajati, S.E. (anh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *