MIN 1 Kulon Progo Gelar Motivasi Parenting Hadapi ASPD

Kulon Progo (MIN1KP) – Dalam rangka meningkatkan motivasi siswa kelas VI untuk menghadapi ASPD tahun 2023 MIN 1 Kulon Progo menggelar acara motivasi parenting. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap tahun yang pada semester dua menjelang ujian kelas VI. Acara yang diikuti oleh siswa dan wali siswa kelas VI dilaksanakan di Ruang Kelas I madrasah setempat, Sabtu (4/2/2023).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi belajar siswa dan semangat dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian (ASPD). Selain itu kegiatan ini juga memberikan pemahaman kepada orang tua siswa tentang cara mengetahui gaya belajar masing-masing anak dan juga cara mengatasi kesulitan belajar siswa. Hal ini penting mengingat sebagian besar waktu belajar anak adalah bersama orang tua.

Kepala Madrasah, Kasmad Rifangi, M.Pd.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa siswa MIN 1 Kulon Progo harus selalu percaya diri dalam menghadapi tantangan. “Anak-anak harus lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi tantangan ke depan dan menaklukkan rasa takut. Jangan pernah biarkan siapa pun menjatuhkanmu. Anak-anak harus terus maju dan semangat dalam menghadapi setiap ujian. Kalian adalah generasi Indonesia, masa depan Indonesia ada dipundak kalian. Tetaplah semangat dan terus belajar,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber dalam acara ini yaitu H. Purwanto, S.Ag. yang akrab disapa dengan kak Ipunk. Kak Ipunk mengajak kepada para siswa untuk senantiasa berakhlak mulia kepada orang tua dan guru. “Untuk meraih kesuksesan, anak-anak harus melakukan perubahan diri. Ada beberapa langkah yang harus anak-anak tempuh. Di antaranya yaitu dengan melakukan instrospeksi diri terhadap kesalahan-kesalahan yang telah kalian lakukan, terutama kepada orang tua dan guru. Setelah itu anak-anak harus menentukan target yang ingin kalian capai,” jelasnya.

Lebih lanjut Kak Ipunk membagikan 5 tips dalam mendidik anak untuk para orang tua dan guru. Adapun 5 tips tersebut adalah uswah (keteladanan), pembiasaan, fungsi control, reward, dan punishment. Di akhir motivasinya Kak Ipunk menyampaikan harapan dan pesan kepada siswa kelas VI. “Setelah selesai mengikuti kegiatan ini, mantapkan diri untuk melakukan perubahan seperti yang kakak jelaskan di awal tadi. Dan jangan lupa untuk menjaga shalat 5 waktu, membaca Al Qur’an, belajar yang tekun, dan berakhlak karimah. Semoga ke depannya kalian bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari saat ini. Dapat meraih kesuksesan dalam menempuh ujian dan sukses juga dalam tahap selanjutnya,” pungkas Ipunk. (pas/cha/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *