Siswa MIN 3 Kulon Progo Praktik IPA Bersama Mahasiswa UAD 

Kulon Progo (MIN3KP) – Pertumbuhan merupakan peristiwa bertambahnya ukuran sel makhluk hidup, baik massa, tinggi, atau volumenya. Peristiwa seperti ini bersifat irreversible, artinya tidak dapat kembali seperti keadaan awal karena adanya pertambahan jumlah dan ukuran sel di dalam prosesnya. Hal itu disampaikan oleh Mahasiswa KKN UAD, Maulida Ivana Sari dari unit Padukuhan Tukharjo pada saat percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman menggunakan biji kacang hijau di kelas 3 MIN 3 Kulon Progo pada Sabtu (11/2/2023) pagi.

“Pertumbuhan merupakan peristiwa bertambahnya ukuran sel makhluk hidup baik massa, tinggi, atau volumenya. Peristiwa seperti ini bersifat irreversible, artinya tidak dapat kembali seperti keadaan awal. Hal itu karena adanya pertambahan jumlah dan ukuran sel di dalam prosesnya,” tutur Maulida.

“Kegiatan percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman menggunakan biji kacang hijau. Pertumbuhan diamati setelah tiga hari dan kurang lebih seminggu. Untuk anak tingkat SD/MI dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan akar, batang, daun, serta tinggi tanaman. Selain itu juga perbedaan hasil percobaan pada tempat gelap dan terang. Hasil tersebut akan ditulis pada lembar kerja peserta didik yang telah diberikan,” lanjutnya.

Sementara guru kelas 3 Suwarjinem, S.Pd.I. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para siswa dan tersebut termasuk penilaian proyek yaitu dengan pengamatan pertumbuhan kacang hijau selama tiga hari hingga enam hari. “Kegiatan percobaan ini mengajak siswa untuk menanam biji kacang hijau. Kemudian dilakukan pengamatan pertumbuhan kacang hijau tersebut selama tiga hingga enam hari. Dengan kegiatan percobaan tersebut siswa memperoleh pengalaman pembelajaran secara nyata,” tuturnya. (myt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *