Wisata Buku dan Literasi Siswa MTsN 4 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN4KP) – Sejumlah siswa MTsN 4 Kulon Progo mengikuti kegiatan Wisata Buku dan Literasi ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (30/5/2023). Acara diikuti oleh dua belas siswa dan dua guru pendamping.

Kepala Perpustakaan MTsN 4 Kulon Progo, Susi Retnowati, S.Pd. menjelaskan bahwa kunjungan ke Perpustakaan Daerah merupakan upaya mengenalkan kepada siswa berbagai referensi dan literasi digital perpustakaan.

Kunjungan siswa disambut oleh Eka Wardani sekaligus sebagai nara sumber. Acara diawali dengan perkenalan, ramah tamah, dilanjutkan dengan permainan, motivasi, penjelasan tentang literasi, dan pengenalan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kulon Progo. Usai sambutan, siswa diajak untuk mengunjungi ruang koleksi dan bazar pameran buku.

Pada kesempatan ini juga menampilkan siswa MTsN 4 Kulon Progo dalam pembacaan puisi “Bayang-bayang Ketakutan” oleh Halwa. Sungguh penampilan yang sangat memukau.

Sementara itu Kepala MTsN 4 Kulon Progo, Nurhayanti, S.Pd., M.Sc. mengatakan bahwa literasi harus dimiliki oleh setiap siswa. “Literasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Literasi tidak hanya sebatas membaca buku, tetepi bagaimana siswa dapat mengenal berbagai macam pengetahuan dari berbagai sumber, baik tulis maupun digital. Karenanya siswa perlu diberikan bekal dan pengalaman yang cukup agar melek literasi untuk bekal di masa selanjutnya. Salah satunya adalah melalui kunjung perpustakaan daerah ini,” terangnya.

Selanjutnya Nurhayanti berharap agar siswa memiliki karakter membaca dan memiliki keterampilan berliterasi, terlebih di era digital serta perkembangan ilimu dan teknologi yang massif dan sangat cepat. (nhy/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *