Hargai Perjuangan, MTs Al Hasani Gelar Upacara Peringatan Hari Santri

Kulon Progo (MTs Al Hasani) – Peran santri tak dapat dilepaskan dari perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Dalam catatan sejarah, santri beserta kiai dan pemuda Islam terlibat langsung dalam beberapa pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa. Agar seluruh masyarakat Indonesia mampu mengingat, meneladani, dan melanjutkan peran para ulama dan santri dalam mempertahankan NKRI, ditetapkanlah tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Dalam peringatan Hari Santri 2023, MTs Al Hasani menggelar upacara bendera pada Ahad (22/10/2023). Bertempat di halaman MTs Al Hasani, upacara tersebut diikuti oleh para siswa dan guru MTs Al Hasani serta pengurus dan huffadz Ponpes Al Hasani. Kiai Abdul Haris, M.Ag. selaku Pengasuh Ponpes Al Hasani mengulas sekilas perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Kita wajib bersyukur kepada Allah SWT karena di tanggal 22 Oktober ini, kita diberi kehidupan yang aman, tentram, dan damai. Tak lain berkat perjuangan para pahlawan kita. Khususnya pahlawan-pahlawan yang juga santri ataupun kiai,” papar Kiai Haris pada kesempatan itu.

Selanjutnya, Kiai Haris menjelaskan asal mula pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Pemilihan tanggal tersebut merujuk pada seruan Resolusi Jihad dari Hadratusy-Syaikh Romo Kiai Haji Hasyim Asy’ari yang menegaskan bahwa melawan penjajah itu wajib, fardhu ain, dan meninggal berperang melawan musuh itu hukumnya mati syahid.

“Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan agar dapat memanfaatkan keadaan aman ini dengan sesuatu yang bermanfaat, khususnya bagi kita sendiri, umumnya orang lain. Kalian di pondok ngaji, sekolah, itulah cara termudah untuk membalas jasa-jasa para pahlawan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu pula, para siswa berprestasi menyerahkan piala kejuaraan pada pihak madrasah. Dua piala Kompetisi Sains Madrasah (KSM) serta enam piala Pekan Kompetisi Madrasah (PKM) ini menjadi sumbangsih bermakna dalam perjalanan bertumbuhnya MTs Al Hasani. (sul/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *