Sinergitas Lintas Sektoral, Penyuluh Galur Ajak Kelompok Binaan PKH Bahagia Hidup Sederhana

Kulon Progo (KUA Galur) – Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Galur, Burhanul Fahruda, S.Ag, bersama Tim Pendamping PKH Kapanewon Galur mengadakan kegiatan pendampingan Kelompok Keluarga Harapan (PKH) di Dusun Banaran, Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, pada Rabu (10/01/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kurang lebih 23 KK anggota PKH. Dalam kegiatan tersebut, Burhanul Fahruda menyampaikan materi tentang pentingnya menjadi bahagia dengan pola hidup sederhana.
“Bahagia adalah dambaan setiap orang. Namun, kebahagiaan itu tidak selalu identik dengan kekayaan dan kemewahan,” kata Burhanul.

Burhanul juga menjelaskan, kebahagiaan dapat diraih dengan cara sederhana, yaitu dengan bersyukur atas apa yang telah dimiliki. “Kita harus bersyukur atas apa yang telah kita miliki, baik itu berupa harta, kesehatan, maupun keluarga. Dalam hal kesederhanaan, kita semua bisa mencontoh dari apa yang telah dicontohkan Baginda Rasul Muhammad S.A.W,” ujar Burhanul.

Selain itu ia juga menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebahagiaan, antara lain; Bersyukur atas apa yang telah dimiliki, membantu orang lain sesuai dengan kemampuan dan menikmati hidup.
Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, dan mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Mereka mengaku mendapatkan banyak ilmu dan wawasan baru.

Sedangkan Pendamping PKH Kapanewon Galur, Totok Hariyanto, memberikan komentar positif terhadap kegiatan tersebut. Ia menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dan berharap kegiatan seperti ini terjalin dengan frekuensi pertemuan yang lebih sering.
“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi keluarga PKH. Materi yang disampaikan oleh Pak Burhanul sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Dan menambah motivasi untuk senantiasa bersyukur atas kehidupan ini,” kata Totok.

Totok juga berharap, kegiatan serupa dapat terus diselenggarakan secara rutin. Ia juga berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama dalam bidang keagamaan dan kesejahteraan.


Diwawancarai di ruang kerjanya, Kepala KUA Kapanewon Galur, H. Afwan Zuhdi, S.Ag, MA mengapresiasi kinerja Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon yang telah terlibat aktif dalam kegiatan lintas sektoral.
“Saya mengapresiasi kinerja para PAI KUA yang telah terlibat aktif dalam kegiatan lintas sektoral. Penyuluh Agama KUA Kapanewon Galur telah memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas layanan keagamaan bagi masyarakat,” pungkas Afwan Zuhdi. (azz/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *