Pegawai MTsN 3 Kulon Progo, Ikuti Pengajian Aparat Kapanewon Nanggulan

Kulon Progo (MTsN3KP) – Salah satu pegawai MTsN 3 Kulon Progo, yakni Sigit Rachman Winarto mengikuti pengajian aparat tingkat kapanewon di Ruang Balai Nikah KUA Nanggulan. Acara dibuka dengan sambutan Kepala KUA Nanggulan, Jemino, S.H.I.  dilanjutkan sambutan dari Panewu Nanggulan yang diwakili Panewu Anom Nanggulan, Haryanto, S. Sos.M.AP, Kamis (18/1/2024) pagi.

Acara pengajian disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. Dalam ceramahnya, ia mengajak hadirin untuk merefleksikan hidup di bulan Januari 2024 dengan muhassabah diri. Kakan menekankan bahwa segala perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Ada 3 poin utama yang disampaikan Wahib Jamil, antara lain muhasabah diri, menerima musibah, dan dewasa beragama. “Muhasabah diri artinya setiap tindakan kita akan dicatat oleh Allah. Baik-buruknya hanya Allah yang tahu. Menerima musibah artinya dalam menghadapi ujian, penting untuk menerima dengan syukur dan menjalankan ibadah dengan sungguh-sungguh. Poin terakhir yaitu dewasa beragama. Hal ini akan menjadi problematika apabila memiliki agama, tetapi perilaku tidak mencerminkan keberagamaan. Penting untuk menjadi individu yang religius dan konsisten dalam perilaku beragama,” terangnya.

“Mari kita meningkatkan nilai diri, menekankan pentingnya menjadi individu yang religius secara nyata. Bukan hanya dalam bentuk rutinitas ibadah. Dalam beragama, jangan sampai kita menjadi “heaving religius” yaitu hanya memiliki agama tanpa menjalankan ajaran dengan baik. Seperti shalat rutin, tetapi terlibat dalam perilaku maksiat,” pungkas Wahib Jamil.

Sigit Rachman Winarto mengaku senang mengikuti pengajian tersebut. “Saya berterima kasih kepada pihak penyelenggara. Karena dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan iman dan takwa para ASN dan perangkat desa,” ujar Sigit.

Semoga pengajian ini menjadi inspirasi bagi ASN dan perangkat desa dalam meningkatkan kualitas hidup dan keberagamaan di tengah-tengah masyarakat. (fbr/ftr/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

3 replies
  1. Rini Dwi Hastuti
    Rini Dwi Hastuti says:

    Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kepada kita semua untuk menjalankan amal ibadah harian kita dan menuntun kita Khusnul khatimah aamiennn.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *