Kepala MTsN 4 Kulon Progo Ikuti Virtual Zoom Meeting Rakernas Kemenag RI

Kulon Progo (MTsN 4) – MTsN 4 Kulon Progo ikut serta dalam  mensukseskan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama RI pada Senin (5/2) di Gedung PLHUT Kantor Kemenag Kulon Progo. Acara Rakernas dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting bersama Kepala Kankemenag Kulon Progo, Kasubag TU, para kepala Seksi, para penyelenggara , kepala KUA, dan kepala madrasah negeri di wilayah Kankemenag Kulon Progo. Acara Rakernas diselenggarakan di Semarang oleh lebih dari 200 peserta secara luring, dan diikuti oleh sepuluh ribu peserta secara during. Turut hadir secara Daring, Kepala Madrasah MTsN 4 Kulon Progo, Nurhayanti, S.Pd., M.Sc.

Ditemui seusai acara, Kepala MTsN 4 Kulon Progo menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional Kemenag RI merupakan program untuk meningkatkan kinerja, evaluasi dan peningkatan pelayanan Kementerian Agama di seluruh Indonesia. “Acara yang diselenggarakan Senin hingga Rabu ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan merupakan ajang untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi. Meskipun acara ini dilakukan secara Daring, tetapi saya sebagai kepala madrasah siap megikuti dan menyukseskan Rakernas 2024 sampai selesai”, ungkap Nurhayati.

Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd, dalam arahannya, mengajak untuk mengikuti kegiatan dengan senang hati, rileks, tetapi dapat mengambil makna kegiatan Rakernas tersebut. Wahib Jamil juga mengajak seluruh elemen ASN Kemenag Kulon Progo untuk memberikan pelayanan prima kepada umat, siap 24 jam merespon dengan cepat.

Ketua Panitia, Sekretaris Jenderal Prof. Dr. Nizar Ali menyampaikan tema Rakernas 2024  yaitu ‘Transformasi Kemenang Menuju Indonesia Emas 2045’. “Tema ini bukan hanya slogan tetapi upaya nyata transformasi pelayanan Kemenag RI. Tahun 2024 merupakan transformasi untuk menghadapi tantangan ke depan. Oleh karena itu peningkatan program-program prioritas Kemenag, transformasi digital yang dapat meningkatkan pelayanan untuk umat. Penting untuk meningkatkan koneksi antar wilayah dan efektifitas pelayanan. Strategi Kementerian agama antara lain: membahas strategi informasi bidang keagamaan, menyusun peta jalan untuk mencapai tujuan, menjalin informasi dan teknologi, dan evaluasi kinerja anggaran 2023. sehingga mampu merumuskan program-program unggulan untuk meningkatkan kinerja di Tahun 2024. Kemenag membangun komitemen stakelholder Kemenag, dan diskusi terbuka dan konstruktif sehingga menjadi bekal untuk berkomitmen menuju Indonesia Emas 2045”, tutur Nizar.

Sementara itu, ketua komisi 8 Ashabul Kahfi menyampaikan bahwa tema ini memunculkan kesadaran untuk memberikan pelayanan keagamaan menuju Indonesia Emas. “Semoga dapat segera tercapat Indonesia maju, masyarakat yang sejahtera, adil dan berkeadilan. Ada beberapa point penting yaitu, peningkatan aspek perekonomian yang kuat dan berkelanjutan, upaya peningkatan produktifitas dan kesejahteraan tenaga kerja, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing global. Selain itu untuk mendorong spiritual, Pendidikan berkualitas dan merata, meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia dan menghasilkan sumber daya nasional yang mampu berdaya saing  global.

Menteri Agama, H.Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya mengajak seluruh elemen Kemenag untuk memberikan pelayanan terbaik bagi umat beragama dan Pendidikan keagamaan. Rakernas ini juga ada pakta integritas yang menyangkut reward and punishmen sebagai langkah untuk mepercepat target yang akan dicapai. (nhy/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *