Penyuluh KUA Nanggulan Selenggarakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah pada Siswa Madrasah

Kulon Progo (KUA Nanggulan) – MTs Al-Ichsan Kauman Nanggulan bekerjasama dengan Penyuluh Agama KUA setempat menyelenggarakan pelatihan pemulasaraan jenazah di Aula Pondok Pesantren Al-Miftah Kauman Nanggulan pada Selasa (9/7/2024).

Pelatihan ini diadakan karena di masyarakat masih sering ditemui pemulasaraan jenazah yang tidak sesuai tata cara dan tuntunan agama atau protokol yang berlaku.

“Saya berharap pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi para santri sebagai pengetahuan dan keterampilan yang dapat diamalkan ketika terjun di masyarakat,” ujar Achmad Hanif, Penyuluh Agama KUA Nanggulan.

Pelatihan mencakup praktik mulai dari persiapan tempat untuk memandikan jenazah, cara memandikan, mengkafani, menshalati hingga menguburkan jenazah, yang semuanya dituntun langsung oleh Penyuluh Agama KUA Nanggulan, Nuryadi.

Menurut Kepala Sekolah MTs Al-Ichsan, Ainun Na’im, SE., “Belum tentu ada orang yang mau memandikan jenazah. Hal ini membutuhkan keberanian, keterampilan, dan kemauan. Maka harapan saya, siswa-siswi alumni MTs Al-Ichsan bisa berperan penting dalam masyarakat nantinya,” ujarnya.

“Pelatihan memandikan jenazah ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kesiapan para santri dalam menjalankan tugas pemulasaraan jenazah sesuai dengan tuntunan agama, sekaligus meningkatkan keterampilan mereka serta bermanfaat bagi masyarakat dan umat,” tegasnya. (rif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *