Mangayubagya Jamaah Haji, Kakan Wahib Jamil Beberkan Kriteria Mabrur

Kulon Progo (Kankemenag) – Balasan ibadah haji yang mabrur adalah surga. Oleh karena itu setiap jamaah haji pasti selalu berharap ibadahnya mabrur. Ada beberapa kriteria haji mabrur. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela Mangayubagya Jamaah Haji yang berlangsung di Aula Adikarto Pemkab setempat, Sabtu (10/8/2024) pagi.

“Balasan ibadah haji yang mabrur adalah surga. Namun demikian ada beberapa kriteria haji yang mabrur. Sehingga setiap jamaah diharapkan dapat mempertahankan kemabruran hajinya,” ujar Kakan.

“Adapun kriteria haji yang mabrur antara lain senantiasa meningkatkan keimanan, semakin baik ibadahnya, banyak manfaat bagi masyarakat. Selain itu juga senantiasa peduli terhadap sesama, akhlak semakin baik, dan mewujudkan kerukunan,” imbuhnya.

“Kami juga selalu berupaya memberikan layanan yang terbaik kepada jamaah haji. Kami berharap semua jamaah haji dapat memperoleh kemabruran dalam ibadahnya. Yakni dengan membekali jamaah dengan program Haji Siaga (Haji Sinau Agama). Dan yang terbaru kami mempunyai program Jempol Darmaji (Jemput Bola Pendaftaran Jamaah Haji),” pungkas Jamil.

Sementara Ketua 1 IPHI Kulon Progo, H. Nurudin, S.H. M.A. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa mangayubagya diikuti semua jamaah haji reguler sebanyak 376 orang. Selain itu juga diikuti Jamaah Haji Khusus sejumlah 13 orang. “IPHI sebagai wadah untuk menjaga kemabruran haji. Juga memperkuat peran jamaah haji bagi pembangunan dan teladan atau panutan bagi masyarakat,” tuturnya.

Asda 1 Pemkab Kulon Progo, Drs. Jazil Ambar Was’an mewakili Pj. Bupati mengaku bersyukur dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada jamaah haji. “Terimakasih atas doa dari jamaah haji untuk kemajuan, kerukunan, dan kesejahteraan Kulon Progo,” ucapnya.

Perwakilan jamaah, H. Ary Mukhlis, M.Pd. menyampaikan bahwa layanan haji 2024 baik sehingga ibadah bisa berjalan lancar. “Terima kasih atas layanan terbaik dari Kankemenag, Pemkab, dan IPHI Kulon Progo atas pelayanan, bimbingan, dan fasilitas yang terbaik bagi kami. Semoga ke depan pelayanan haji akan terus meningkat dan lebih baik lagi,” kata Ary.

Acara mangayubagya ini dihadiri Panewu, Kepala KUA, dan Ketua IPHI Kapanewon. Kegiatan dilaksanakan Kolaborasi antara IPHI, Kankemenag, dan Pemkab Kulon Progo. (abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *