Penanaman Sopan Santun Siswa MIM Kenteng dalam Budaya Jawa

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Mahasiswa UST memberikan materi unggah-ungguh kepada siswa MIM Kenteng. Agenda tersebut dalam rangka meningkatkan rasa dan sikap sopan santun bagi siswa madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (13/8/2024) di ruang kelas II madrasah.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. mendukung kegiatan penanaman unggah-ungguh bagi siswa madrasah. “Unggah-ungguh atau budaya kesopanan dalam budaya jawa menjadi hal yang sangat penting untuk disampaikan. Sopan santun menjadi salah satu ciri siswa memiliki karakter yang kuat dan baik sesuai visi dan misi madrasah,” ungkap Kamad.

Guru MIM Kenteng, Rizco Ardian Saputro, M.Pd. menyampaikan kegiatan pengenalan budaya sopan santun dari mahasiswa. “Mahasiswa KKN UST ini menyampaikan tentang sopan santun dalam budaya jawa. Adapun yang bertugas adalah Puguh Johar Panandang, salah satu KKN UST dan dibantu oleh beberapa rekan mahasiswa lainnya. Materi dijelaskan dengan LCD proyektor supaya siswa-siswi lebih cepat menangkap intinya,” ungkap Rizco.

Mahasiswa UST, Puguh Johar Panandang menyampaikan materi budaya sopan santun kepada siswa-siswi kelas I, II, dan III. “Adapun materi ini adalah untuk mengulang kembali pembelajaran perilaku sopan santun. Mengembangkan pemikiran cara bersikap dan berperilaku yang berdasar tata krama. Tujuannya supaya siswa-siswi madrasah dapat mengimplementasikan materi secara langsung sebagai praktik dalam pembelajaran sopan santun,” jelas Puguh.

Siswa kelas III, Adiva Ashalina ikut menyimak materi dari mahasiswa. “Terima kasih kakak-kakak mahasiswa KKN UST sudah mengajari kami tentang sopan santun dalam budaya jawa. Semoga kami bisa menerapkan sopan santun di rumah dan di madrasah,” ungkap Adiva. (ras)
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *