Kerjasama Antara KUA dan Polsek Panjatan dalam  Program Pelita Madinahku 

Kulon Progo (KUA Panjatan) – Program Peningkatan Literasi Al-Qur’an dan Moderasi Agama Aparat Kulon Progo (Pelita Madinahku) merupakan salah satu program dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo yang bersinergi dangan Pemerintah Kabupaten setempat.

Pelita Madinahku mempunyai 6 (enam) program bimbingan keagamaan yakni Bimbingan Keagamaan Tingkat Dasar Pertama, Bimbingan Al-Qur’an Tingkat Dasar Menengah, dan lanjutan, Bimbingan Murottal bagi Imam Salat Bimbingan Tafsir dan Pemahaman Al-Qur’an serta Bimbingan Ibadah Praktis. Pelita Madinahku menjadi wadah untuk memperdalam ilmu Agama Islam dari sumbernya yakni Al Quran yang bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan aparat melalui peningkatan kesadaran pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al-Qur’an (GPPA).

Selanjutnya KUA menggelar progam tersebut yang bekerjasama  dengan Polsek Panjatan pada Rabu (11/09/2024) pagi. Sedangkan untuk kegiatan Lentera Madinahku di Koramil Panjatan dilaksanakan setiap hari Jum’at.

Dari hasil kordinasi dengan Polsek Panjatan disepakati bahwa program Pelita Madinahku dilaksanakan setiap hari Rabu mulai jam 08.00 sampai selesai yang dikordinatori oleh Anas Ali Mujid S.Ag. Penyuluh Agama Islam Kantor Urusan Agama beserta P3K dibantu penyuluh agama non PNS KUA Kapanewon Panjatan.

Launching Pelita Madinahku berlangsung pada hari Rabu, tanggal 11 September 2024 di Mushola Polsek Panjatan., di hadiri para Kanit, dan anggota Polsek Panjatan, Kepala KUA, serta Penyuluh Agama Islam. Kepala Kanit Bimas, Iptu Suyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kantor Urusan Agama Panjatan yang telah bekerja sama dengan Polsek Panjatan dalam program Pelita Madinahku dan berharap kegiatan pembinaan dan pembekalan keagamaan melalui literasi Al-Quran tersebut bisa berjalan dengan Istiqomah dan lancar, sementara AKP Antu Nugrahanto Atmojo Putro, SH, Kapolsek Panjatan pada kesempatan terpisah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap program baru yang dilaksanakan di instansinya.

Adapun Kepala KUA Zamroni mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat baik dan positif yang harus diterima dan wajib diikuti oleh setiap anggota sebagai giat pembinaan mental spiritual bagi seluruh anggota Polsek Panjatan,

Selain itu ia juga  menyampaikan bahwa program ini diharapkan dapat menjadi wadah silaturahmi intensial di wilayah kerjanya guna menyambung kekerabatan dan kerjasama di bidang mental spiritual sekaligus pelaksanaan program Gerakan Pemahaman, Penghayatan, Pengamalan isi kandungan Al-Qur’an (GPPA) tambahnya. (zam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *