Guru MAN 1 Kulon Progo Jadi Narasumber P5 di SMAN 1 Temon

Kulon Progo (MAN 1 KP)– Guru Matematika MAN 1 Kulon Progo, Nur Hidayati, S.Pd.I. menjadi Narasumber Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 1 Temon pada hari Kamis (17/10/2024). Kegiatan tersebut diselenggarakan saat Gelar Karya P5 yang diikuti oleh kelas X.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Temon, Dra. Lestari Asih Pratiwi menyampaikan bahwa “Kita TANGGUH” merupakan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Fase E Kelas X yang mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan. Kita TANGGUH sendiri berasal dari kata TANGGap, Usaha dan kerja keras, untuk menikmati Hasil.
Lestari menambahkan bahwa dalam gelar karya tersebut ada 24 kelompok/stand yang menyajikan hasil karya siswa.
Pada kesempatan berikutnya, Lufi Samsuharta, M.Pd. selaku Koordinator P5 menyampaikan tujuan kegiatan yaitu agar siswa memiliki sikap tanggap/peduli terhadap lingkungan khususnya yang terkait sampah, air, dan listrik, Setelah selesai presentasi karya, dilakukan saling kunjung dan kunjungan mulai kelas X, XI, dan XII.

Sementara itu Arif Nur Fitriyanti, S.Pd. selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan bahwa ada 6 (enam) kegiatan yang sudah dilakukan siswa, antara lain: mencari referensi dari berbagai sumber, kunjungan ke narasumber langsung (PLN, tempat penjual rongsok, tempat cuci mobil), mengikuti bincang-bincang lingkungan (DLH dan Sekolah Sampah Bantala Abyudaya Kroco Pengasih), melakukan aksi nyata sampai didokumentasi dalam bentuk video diklat layanan masyarakat (upload Instagram), dan membuat Buku Saku Kita Tanggung yang berisi perjalanan yang sudah dilakukan dalam melakukan aksi pembiasaan lingkungan.

Selanjutnya, Nur Hidayati, selaku narasumber memberikan review dan penilaian terhadap kegiatan P5 khususnya penilaian buku saku dan presentasi terbaik. Nur menilai berdasarkan isi, tata letak, tata tulisan dan bahasa, kombinasi tulisan dan gambar, warna background, dan kelengkapan Buku Saku. Tidak hanya itu, Nur juga memberikan kritik dan saran di 24 kelompok.
“Alhamdulillah Buku Saku yang dibuat semua kelompok bagus, kreatif, dan keren. setelah melalui serangkaian penilaian, disimpulkan bahwa Presenter Terbaik adalah kelompok Petir Paraduta dan Buku Saku Terbaik adalah Karya Papelangasih,” pungkasnya.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani bersyukur karena salah satu guru MAN 1 Kulon Progo aktif dalam berbagai kegiatan literasi.
“Alhamdulillah Bu Nur Hidayati, meskipun Guru Matematika namun bisa menggiatkan Literasi di MAN 1 Kulon Progo. Bu Nur juga sering menjadi narasumber dalam kegiatan literasi di berbagai tempat,” kata Wahdan. (nhd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *