Program SONJOKU Kemenag Kulon Progo, Wadah Obrolan dan Silaturahmi

Kulon Progo (Kemenag KP) – Kantor Kementerian Agama Kab. Kulon Progo kembali menggelar Silaturahmi Obrolan dan Jejaring Ormas Keagamaan Kulon Progo (SONJOKU), pada Jumat Malam (18/10/2024) bertempat di Kediaman Pendeta Aris Kristian Widodo, Sentolo.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Kulon Progo, H.M., Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa SONJOKU kali ini mengusung tema tentang ’Pencegahan Peredaran Miras’. Mendengar dan melihat isu-isu di masyarakat yang berkembang saat ini, adanya peredaran minuman keras di Kulon Progo, sehingga perlu untuk segera dilakukan mitigasi secara bersama.

”Mari kita bersama untuk selalu membangun masyarakat yang aman, toleran, damai dan tentram. Dengan adanya peredaran miras yang mempunyai banyak dampak negatif baik moral dan kesehatan maka hal ini membutuhkan perhatian bersama dan sinergitas bersama semua unsur yang ada di dalam masyarakat,” tuturnya.

”Kita bersama-sama harus selalu proaktif sesuai dengan peran masing-masing di dalam mensosialisasikan peraturan perundang-undangan, terkait peredaran miras. Dengan dilakukannya mitigasi yang cepat dan akurat dari semua unsur yang ada, maka kedepan diharapkan akan menekan peredaran miras di daerah Kulon Progo,” imbuhnya.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh, semua unsur pemerintah dan masyarakat diantaranya, perwakilan dari Pemkab, Polres, Kodim, Kesbangpol, MUI, Ormas, FKUB, tokoh kepemudaan, dan tokoh pemuka agama.

Dina Martanti dari Binmas Polres Kulon Progo, menyampaikan bahwa pihak Kepolisian selalu terus melakukan penindakan dan pembinaan terhadap peredaran miras di kabupaten Kulon Progo. Dan telah tercatat pada Bulan Agustus sampai saat ini sudah ada 32 orang/ tempat yg telah dilakukan pembinaan.

”Kami selalu melakukan gerakan secara terus menerus dalam mengawasi, menindak dan pembinaan terhadap peredaran miras. Kami juga meminta sinergitas dari semua unsur masyarakat dalam mengatasi permasalahan miras”, ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol sekaligus Plt. Kasatpol PP Kulon Progo, Budi Hartono, S.Si., M.Si., mengapresiasi langkah kemenag Kulon Progo dalam Program SONJOKU. Program SONJOKU sangat cepat dalam merespon permasalahan yang sedang terjadi, dengan mengadirkan semua unsur yang ada di dalam masyarakat.

”Kami sangat mengapresiasi Program SONJOKU, atas ide dan gagasan dari Kantor Kemenang Kulon Progo, dalam menangkap isu-isu yang sedang berkembang di dalam masyarakat. Di dalam menangani permasalahan peredaran miras memang menjadi tanggung jawab bersama. Mari kita bersama dalam upaya menyelesaikan dan menekan peredaran miras di Kulon Progo,” ucapnya. (don)

1 reply
  1. Harun
    Harun says:

    Mantaff…..
    Sonjoku semoga menjadi jawaban setiap isu-isu yg negatif mnjdi cair.
    Semakin melayani dengan hati dan hati-hati..
    Semoga Tuhan selalu menolong kita semua.
    Amin.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *