Peringati Hari Santri 2024: Siswa Kelas XII MAN 2 Kulon Progo Gelar Muqaddaman dan Pengajian di Madrasah

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Memperingati Hari Santri Tahun 2024, siswa MAN 2 Kulon Progo turut serta dalam berbagai kegiatan untuk memperingati momen bersejarah ini. Pada Selasa, (22/10/2024), siswa kelas XII mengikuti agenda religius berupa Muqaddaman dan Pengajian yang digelar di Masjid Mahasinul Muttaqien Unit 1 MAN 2 Kulon Progo, Jalan Khudhori Wonosidi Kidul Wates. Berbeda dengan siswa kelas X yang mengikuti Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Kulon Progo di Alun-alun Wates, para siswa kelas XII melaksanakan kegiatan peringatan di lingkungan madrasah.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., mengapresiasi keterlibatan siswa dalam peringatan ini. Ia mengajak para siswa untuk memaknai momen Hari Santri dengan baik. “Hari Santri adalah saat bagi kalian untuk merefleksikan perjuangan para pendahulu kita dan menggunakannya sebagai inspirasi dalam menggapai masa depan. Gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar dan mempersiapkan diri menjadi generasi yang berkontribusi bagi agama, bangsa, dan negara,” ujar Hartiningsih.

Kegiatan Muqaddaman Al-Qur’an yang dipimpin oleh Zaenal Musthofa, S.Ag., salah satu guru pengampu mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, berlangsung dengan khidmat. Usai Muqaddaman, pengajian bertema nilai-nilai kebangsaan Hari Santri Nasional dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan oleh Khalid Zamroni, S.Pd.I. Dalam ceramahnya, Khalid menekankan pentingnya peran generasi muda Islam dalam sejarah perjuangan bangsa.

“Umat Islam, khususnya generasi muda Islam, adalah pejuang-pejuang kemerdekaan. Kini, saatnya bagi kita, sebagai generasi muda Islam, untuk mengisi kemerdekaan ini dengan semangat dan kontribusi nyata bagi bangsa,” ujar Khalid Zamroni dalam pengajian tersebut.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 2 Kulon Progo, Kurnia Panca Dewi, M.Si., menjelaskan bahwa pembatasan jumlah peserta upacara di Alun-alun Wates dilakukan karena kuota yang terbatas. “Kami membatasi peserta upacara di Alun-alun Wates dari MAN 2 Kulon Progo hanya sebanyak 300 siswa. Oleh karena itu, siswa kelas XI program keterampilan tetap melaksanakan program magang di berbagai dunia usaha dan industry di wilayah Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta, Bantul, dan Purworejo , dan siswa kelas XII merayakan Hari Santri di madrasah,” jelasnya.

Setelah rangkaian kegiatan peringatan Hari Santri Nasional di madrasah, para siswa kelas XII melanjutkan aktivitas pembelajaran seperti biasa. Perayaan HSN di MAN 2 Kulon Progo tidak hanya menjadi ajang refleksi sejarah, tetapi juga sarana untuk memperkuat nilai spiritual dan nasionalisme di kalangan para siswa.

Peringatan Hari Santri Nasional ini merupakan salah satu bentuk komitmen MAN 2 Kulon Progo dalam membangun karakter generasi muda yang beriman, berakhlak, dan cinta tanah air. (gia/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *