Wujudkan Madrasah Sehat, Mansaku Gandeng Puskesmas Pengasih 1 Lakukan Skrining

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Dalam Rangka Mewujudkan Madrasah Sehat 2024, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) Gandeng Puskesmas Pengasih 1 Lakukan Skrining Guru dan Siswa selama satu pekan, mulai Senin (14/10/2024) sampai Senin (21/10/2024). Kegiatan ini merupakan skrining periode kedua yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XI dan XII serta seluruh Guru dan Pegawai MAN 1 Kulon Progo.

Menurut Wakil Kepala Bidang Kehumasan, H. Akhmad Khudlori, S.Ag., M.Pd.I., petugas Puskesmas Pengasih 1 yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut yaitu dr. Yusniar Ridani, dr. Maya Desta, dr. Violita, Yeni Setyani, Mumi L., Santhi Dian P., Sri S., Tri Suharyanti, Wiji Astuti, Febri Artanti, Heki Yuantini, Enita J., Vidanty Indri A., Cahya Kartika, Evany Rustarina, Herman Nugroho, dan mahasiswa KKN UNY. Nur Hidayati, S.Pd.I. selaku Pembina UKS mengatakan bahwa skrining PTM untuk siswa dan skrining kesehatan dilakukan untuk mengecek berat badan, tinggi badan, IMT, tekanan darah, kadar gula dalam darah, telinga, penglihatan, tes buta warna, dan HB pada siswi.

Tidak hanya itu, petugas Puskesmas juga melakukan skrining berkaitan dengan rokok melalui laman Semar Kulon Progo yang dapat diakses di link https://linktr.ee/Ktr.kulonprogo?lt_utm_source=lt_share_link#360265478. Kepala Puskesmas Pengasih 1, dr. Yusniar Ridani menyampaikan bahwa setelah skrining selesai, beberapa siswa yang mengalami hipertensi, anemia, gangguan penglihatan, dan kerusakan gigi mendapatkan rujukan untuk berobat ke Puskesmas terdekat dengan rumah siswa. Sedangkan untuk Guru dilakukan pengecekkan berat badan, tinggi badan, IMT, tekanan darah, kadar gula dalam darah.

Yusniar menambahkan bahwa kegiatan skrining PTM ini dilakukan setiap tahun. “Alhamdulillah, skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) dilakukan setiap tahun untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, IMT, tekanan darah, kadar gula dalam darah, telinga, penglihatan, tes buta warna, dan HB,” kata Yusniar, “semoga hasil dari skrining akan membantu siswa, guru, dan pegawai untuk mengantisipasi penyakit yang tidak diinginkan dan dapat mengenal lebih awal cara mencegah suatu penyakit, seperti hipertensi dan diabetes.”

Berkaitan dengan kegiatan tersebut Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani menyampaikan terima kasih kepada Puskesmas Pengasih 1 yang telah bekerja sama dalam mewujudkan madrasah sehat. “Terima kasih saya sampaikan kepada Puskesmas Pengasih 1 yang telah bekerja sama dengan baik untuk mewujudlan madrasah sehat,” kata Wahdan. (nhd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *