Animo Guru MAN 2 Kulon Progo Ikuti Diseminasi Google Form Sangat Tinggi

Kulon Progo (MAN2KP) – Animo guru MAN 2 Kulon Progo mengikuti diseminasi hasil Diklat Jarak Jauh (DJJ) Online tentang Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran cukup tinggi. Diseminasi diikuti sekitar 20 guru di Lab 2 Komputer usai pelaksanaan UAMBN-BK hari kedua, Selasa (10/3/2020). Narasumber adalah guru BK TI (Bimbingan Konseling Teknologi Informasi), Zuli Irawanto, S.T., yang pada 3 s.d. 29 Februari lalu mengikuti DJJ Online dengan penyelenggara Balai Diklat Keagamaan Semarang pada kelas media pembelajaran dengan multimedia.

“Diseminasi ini merupakan Rencana Tindak Lanjut yang menitikberatkan pada penggunaan fitur google yang sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan dari bisnis hingga pendidikan. Materi yang saya diseminasikan terfokus pada media Google Form (formulir). Namun, saat membuka fitur google ternyata animo guru-guru sangat bagus dan sangat ingin mengerti manfaat fitur-fitur di google tersebut,” ujar Zuli disela-sela kesibukannya melayani peserta diseminasi.

Dalam kesempatan tersebut peserta langsung bisa praktik membuat evaluasi pembelajaran dengan mengaplikasikan file contoh soal-soal pilihan ganda yang sudah dipersiapkan sebelumnya. “Hal ini akan lebih memudahkan penguasaan materi,” tambahnya.

Adapun kelebihan dari google form ini yaitu memberi kemudahan dan kecepatan, kepraktisan pada pekerjaan yang ada unsur pengumpulan data, informasi, hingga pembuatan soal-soal quis. “Kelebihan yang lain yakni bisa menjadi alat analisis pengambilan keputusan pada survei dan bisa menjadi media untuk memudahkan penelitian,” jelasnya.

Sementara itu, Umi Hidayati, S.T.P., guru keterampilan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di madrasah ini juga mengaku mendapatkan hal baru dan bermanfaat. “Senang, apalagi fasilitas yang ditawarkan narasumber yang bersedia membimbing hingga garansi bisa menguasai materi hingga optimal.”

Senada dengan hal tersebut, Panca Kurnia Dewi, S.Pd., M. Si., meski banyak langkah yang harus dilakukan tetapi Panca merasa senang karena materi tersebut bisa menjadi alternatif evaluasi bagi siswanya. (ast/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *