Guru MIM Kenteng Jadi Trainer Diseminasi Microsoft Office 365 dan e-Pengawas

Kulon Progo (MIM Kenteng)Microsoft office 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange Server, Skype for Business Server, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Windows 10 Enterprise. Semua paket Microsoft 365 diperbarui otomatis tanpa biaya tambahan.  Setelah beta test yang dimulai pada Oktober 2010, Microsoft meluncurkan Office 365 pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang awalnya ditujukan untuk pengguna korporat. Kemudian, Microsoft mengekspansi Office 365 untuk berbagai jenis bisnis dan untuk konsumen umum.

Dalam rangka meningkatkan skill pendidik dan tenaga kependidikan untuk mempersiapkan pembelajaran dengan sistem daring dan berbasis teknologi untuk pendidik di lingkup Kabupaten Kulon Progo, maka APSI (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) mengadakan sebuah workshop / Diseminasi Office 365. Kegiatan berlangsung di Aula Dikpora Kulon Progo selama 3 hari, Senin, Selasa, dan Kamis (6,7, dan 9/7/2020) dengan salah satu narasumber guru MI Muhammadiyah Kenteng, Ary Mukhlis, M.Pd.

Adapun kegiatan Diseminasi office 365 ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari pengawas TK, SD/MI, dan SMP se-Kabupaten Kulon Progo. Acara dibuka oleh  Kepala Dinas Pendidikan  Pemuda dan Olahraga,  Arif Prastowo, S.Sos, M.Si. “Kami menyambut baik kegiatan ini, karena office 365 ini adalah salah satu solusi dalam rangka mengatasi model pembelajaran selama pandemi Covid-19. Pembelajaran virtual menyongsong era Industri 4.0 perlu dipersiapkan sejak awal,” tuturnya.

Ari Mukhlis berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para pendidik maupun tenaga kependidikan untuk mempersiapkan diri secara matang dalam melaksanakan pembelajaran secara daring. “Banyak  fitur dan program yang terdapat pada office 365 yang variatif dan bagus untuk dijadikan sumber belajar berbasis teknologi. Ada remote teaching and learning, skype in the classroom, partnering with NASA Stem on station,  dan lain sebagainya,” terangnya.

“Semoga diseminasi ini memberi banyak manfaat bagi penggiat pendidikan lingkup sekolah/madrasah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kulon Progo, guna mewujudkan cita-cita bersama menjadi madrasah hebat bermartabat,” pungkasnya. (ras/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *