Guru dan Pegawai MTsN 4 Kulon Progo Jalani Vaksinasi Tahap I

Kulon Progo (MTsN4KP) – Sejumlah 35 guru dan pegawai MTsN 4 Kulon Progo dijadwalkan mendapatkan vaksinasi tahap pertama, Kamis (7/5/2021) di Puskesmas Girimulyo II. Hal tersebut berdasarkan surat undangan yang dikirimkan pihak puskesmas kepada madrasah. Vaksinasi dengan jenis Sinovac tersebut disambut antusias dengan mendatangi Puskesmas secara bertahap dalam dua sesi agar tidak terjadi penumpukan antrean dan potensi kerumunan. Pihak puskesmas menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi tersebut mulai pukul 08.00 – 11.00 WIB untuk dua sesi.

Waka Humas MTsN 4 Kulon Progo, Teguh Suryono mengatakan ada beberapa catatan saat mengikuti vaksinasi. “Ada beberapa hal yang menjadi catatan saat mengikuti vaksinasi. Di antaranya guru dan pegawai harus dalam keadaan prima dengan istirahat cukup tadi malam,” ujar Teguh.

Ia pun menjelaskan serangkaian peraturan yang harus ditaati guna kesuksesan vaksinasi. Sebelum divaksin, harus dilakukan screening kesehatan terlebih dahulu untuk memastikan hal itu. Jika telah memenuhi syarat barulah diberikan vaksin. “Sesuai edaran yang diberikan puskesmas, kita dihimbau untuk menunggu 30 menit setelah vaksinasi usai, karena petugas kesehatan harus mengobservasi gejala ikutan yang mungkin terjadi pada orang pasca vaksinasi. Di antaranya nyeri, kemerahan pada kulit sekitar area yang divaksin, demam, bahkan nyeri otot,” imbuhnya.

Petugas Puskesmas Girimulyo II, Dian Purwitaningsih, A.Md.Keb. berpesan kepada para peserta vaksinasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan usai vaksinasi. “Karena vaksin ini bukan obat, jadi ya harus tetap taat 5M. Dan kalau terjadi tanda-tanda seperti mual, pusing, kulit kemerahan, atau bengkak segera hubungi petugas kesehatan,” jelasnya.

“Vaksinasi tahap kedua akan dilaksanakan dalam interval paling ideal yakni 28 hari semenjak vaksinasi pertama. Jadi bapak/ibu harus tetap menjaga kondisi dengan cara makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan juga jangan lupa aktivitas fisik selama 30 menit tiap hari,” pungkasnya. (siw/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *