Siswa MAN 3 Kulon Progo Antusias Ikuti Vaksinasi

Kulon Progo (MAN3KP) – Siswa MAN 3 Kulon Progo telah mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap 1 dan 2. Vaksinasi tahap 1 dilakukan pada Rabu (28/7/2021), sedangkan vaksinasi tahap 2 dilakukan pada Rabu (25/8/2021) bertempat di Puskesmas Kalibawang. Vaksinasi diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI, dan XII sebanyak 257 siswa, yang dibagi menjadi tiga sift. Dari jumlah siswa itu, terdapat sejumlah siswa yang belum dapat divaksinasi didasarkan hasil screening kesehatan dan ditunda sampai siswa sehat kembali.

Kepala Madrasah, Moh. Fadlil Afif, Lc. menyambut baik dan mendukung program vaksinasi dari pemerintah tersebut. “MAN 3 Kulon Progo menyambut baik dan berkomitmen mendukung program pemerintah, yaitu program vaksinasi. Program vaksinasi merupakan upaya percepatan pencegahan penularan Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut, Fadlil menjelaskan bahwa madrasah sangat mendukung program Kementerian Agama untuk menyosialisasikan gerakan protokol kesehatan dan program vaksinasi untuk mengatasi pandemi Covid-19. “Sebagai wujud nyata dukungan tersebut, madrasah melakukan pendataan seluruh siswa untuk didaftarkan sebagai peserta vaksinasi bekerjasama dengan Puskesmas Kalibawang. Langkah berikutnya adalah menyosialisasikan pentingnya program vaksinasi sekaligus meyakinkan kepada orang tua siswa bahwa vaksinasi sebagai upaya untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka dan kepentingan lainnya,” imbuh Fadlil.

Fadlil menegaskan bahwa program vaksinasi harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh siswa. “Vaksinasi merupakan upaya memperkecil resiko terinfeksi virus corona. Harapannya, setelah seluruh siswa sudah divaksin, maka akan terbentuk kekebalan aktif pada tubuh siswa. Dengan demikian, siswa dapat terhindar dari infeksi virus corona, dan memperkecil dampak buruk jika terjadi infeksi,” terangnya.

Lebih lanjut, Fadlil berharap pelajaran tatap muka dapat dilakukan secara bertahap. Ke depan pelajaran dapat dilakukan belajar campuran (blanded learning) agar tidak terjadi loss learning, yaitu hilangnya pengetahuan dan keterampilan siswa sebagai dampak dari kebosanan.

“Selain siswa, seluruh guru dan pegawai juga sudah divaksinasi, sehingga nantinya kesehatan seluruh siswa dan guru sesuai dengan harapan,” pungkas Fadlil.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. menyampaikan apresiasinya kepada MAN 3 Kulon Progo melalui Waka Humas, Nurhayanti yang telah mengadakan kerja sama secara baik dengan pihak Puskesmas Kalibawang dan memotivasi siswa untuk mengikuti vaksinasi.

Selanjutnya Wahib Jamil meminta kepada seluruh warga MAN 3 Kulon Progo untuk terus mengadakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat di Kulon Progo untuk mengikuti vaksinasi. “Untuk mendorong percepatan program vaksinasi ini agar terus melakukan koordinasi intensif dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19, Panewu, TNI, POLRI, Satradar Congot, dan lain-lain. Semoga dengan percepatan vaksinasi ini dapat mempercepat pemulihan kondisi dari pandemi Covid-19,” tutur Jamil. (nur/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

2 replies
  1. Nurhayanti, S.Pd., M.Sc .
    Nurhayanti, S.Pd., M.Sc . says:

    Semoga ini bagian dari upaya agar pandwmi swgera berakhir. Sebagai bentuk ikhtiar kepada Allah SWT. dan tentu diiringi doa. Terima kasih

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *