Inovasi Pembelajaran Sebagai Peningkatan Kualitas Peserta Didik

Helga Maghfira – Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Peserta PLP-KKN Integratif di Kankemenag Kulon Progo)

Oleh : Helga Maghfira

Di era globalisasi ini, banyak sekali perkembangan dan pembaharuan dalam pendidikan. Oleh Karena itu, dibutuhkan upaya-upaya untuk menyesuaikan kondisi ini. Sebagai bentuk kesiapan dalam menghadapi hal ini, maka diperlukan berbagai inovasi dalam pembelajaran. Guru sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan dituntut untuk selalu sigap dan tanggap supaya dapat mencetak generasi-generasi yang berkualitas. Salah satu peran guru adalah sebagai inovator, yang artinya guru harus menciptakan ide-ide baru dalam pembelajaran. Karena dengan inovasi, maka guru dapat menciptakan suasana baru selama pembelajaran berlangsung.

Pembelajaran inovatif mengandung arti pandangan baru dalam memfasilitasi peserta didik untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih maksimal. Proses pembelajaran pada peserta didik harus dirancang dan dikembangkan berdasarkan perkembangan jaman. Pembelajaran merupakan sesuatu yang sangat kompleks, sebagaimana tujuan dari inovasi pembelajaran ini adalah supaya tercapainya hasil output belajar peserta didik yang maksimal. Contoh inovasi dalam pembelajaran sebagai berikut:

  1. Pembelajaran jarak jauh
    Saat ini jarak bukanlah suatu hambatan bagi para guru untuk melaksanakan pembelajaran. Dikarenakan sudah adanya berbagai apikasi penunjang untuk pembelajaran berbasis jarak jauh ini, seperti melalui zoom meeting, google meet, maupun google classroom.
  1. Meningkatkan peran peserta didik dalam pembelajaran
    Peran peserta didik didalam ruang kelas menjadi hal yang patut ditingkatkan. Karena peserta didik tidak akan bertahan lama fokus pada materi yang diberikan. Ketika peran peserta didik diikut sertakan maka guru dapat memahami hal yang digemari peserta didik dalam proses pembelajaran.
  1. Pembelajaran berbasis observasi
    Metode observasi dapat digunakan dalam proses pembelajaran yaitu dengan mendatangi langsung lokasi yang akan diamati sebagai bahan ajar guru kepada peserta didik. Dengan ini maka peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
  1. Pembelajaran berbasis permainan
    Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran adalah dengan permainan yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan. Pembelajaran yang dibawakan dengan bentuk permainan ini akan menambah daya tarik peserta didik.

Dalam pelaksanaan inovasi pembelajaran, guru harus tetap memperhatikan aspek materi yang akan diterapkan. Dengan adanya inovasi pembelajaran maka proses kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, kondusif dan kreatif sehingga dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik. Dan juga tercapainya tujuan pembelajaran dan pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *