Pengawas MAN 2 Kulon Progo Narasumber Refreshment Fasda Kelas Pengawas Se-Indonesia Zona 1

Kulon Progo (MAN2KP) – Pengawas MAN 2 Kulon Progo, Kalimah, S.Ag, M.A., menjadi salah satu narasumber kegiatan Refreshment Fasilitator Daerah (Fasda) Kelas Pengawas Zona 1 yang meliputi wilayah Jawa Barat, Banten, DKI, dan seluruh Sumatera. Refreshment dilaksanakan di Hotel Grand Dalam Ancol Jakarta yang dilaksanakan secara luring (8-11/9/2022) dan dilanjut secara daring, (12-13/9/2022).  Kegiatan yang diikuti 30 peserta tersebut terdiri dari para pengawas dan beberapa Kepala Madrasah Zona 1. Kegiatan ini merupakan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah yang merupakan bagian dari Proyek Realizing Education Promise – Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR).

Kalimah menyatakan bahwa ia dipercaya untuk menyampaikan materi-materi berupa Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar, Simulasi Modul Supervisi Manajerial,  dan Simulasi Modul Evaluasi Pendidikan. Menurutnya, beberapa materi yang ia sampaikan merupakan pengalaman yang ia alami dalam bertugas di bidang kepengawasan madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Kabupaten Kulon Progo.

Berkenaan dengan materi Konsep Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar, Kalimah menyampaikan Kurikulum Merdeka memiliki tiga konsep utama yaitu pembelajaran berbasis projek untuk mengembangkan soft skill dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin, berfokus pada materi esensial yang menyediakan waktu untuk pembelajaran yang mendalam, dan guru yang fleksibel untuk melakukan pembelajaran berdasar pada kemampuan para peserta didik. Ia juga menyampaikan pengalaman MAN 2 Kulon Progo, salah satu madrasah binaannya, dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Selanjutnya Kalimah mencontohkan salah satu bentuk konsep guru yang fleksibel  melakukan pembelajaran berdasar pada kemampuan para peserta didik adalah inovasi pembelajaran MAN de Motefa (MAN dengan Modified Teaching Factory) yaitu inovasi pembelajaran yang menghadirkan suasana industri, dan Madrasah plus Keterampilan.

Berbagai usaha untuk meraih profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin juga sudah dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas melalui penanaman karakter dan budi pekerti di dalam kelas maupun berbagai kegiatan di luar kelas. Para siswa diberikan ruang untuk mengekspresikan dengan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti kegiatan-kegiatan keagamaan dan sosial untuk mendapatkan pengalaman nyata dari lingkungan dan masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskan, MAN 2 Kulon Progo juga menanamkan karakter dan budi pekerti (akhlak mulia) melalui pembuatan film-film pendek. “Bahkan film-film pendek MAN 2 Kulon Progo tentang toleransi menjuarai lomba-lomba film bertema toleransi dan keberagaman. Film-film produksi para siswa ternyata mampu bersaing dalam berbagai lomba. Film berjudul ‘Ketilar’ berhasil meraih Juara Pertama Lomba Film Moderasi Beragama tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2021. Film ‘Puasaku Obatku’ meraih Juara 2 Film Animasi dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Penais Zawa Kemenag DIY, tahun 2021.  Film berjudul ‘Luluh’ meraih juara 3 KFPI Kemenag 2022 untuk tingkat DIY,” terang pengawas yang juga mempercayakan salah satu putrinya untuk belajar di MAN 2 Kulon Progo.

Penyampaian materi yang dilakukan oleh Kalimah mendapatkan sambutan dan apresiasi dari para peserta. Beberapa diantaranya menyatakan bahwa Kalimah dapat menyampaikan materi dengan baik dan mengubah mindset para peserta. Bahkan Alia Ariftianto, salah seorang penyelenggara/panitia yang berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi menyampaikan kesan Kalimah bisa mengendalikan suasana di kelas yang pesertanya juga orang yang hebat-hebat. “Para peserta memiliki berbagai persepsi, tapi Ibu Kalimah bisa menjadi salah satu center yang dapat mereka pahami.” ungkap nya.

Senada dengan Alia, Bahrin, M.Pd., peserta dari Lampung merasa sangat bersyukur karena menjadi lebih paham tentang tupoksi pengawas. “Dalam memfasilitasi dan menjelaskan, ibu Kalimah sangat gamblang, terlihat jika narasumber sangat menguasai materi, jangan lelah untuk selalu berbagi,” pesan Bahrin. (giant/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *