MTsN 1 Kulon Progo Gelar Manasik di Firdaus Fatimah Zahra

Semarang (MTsN1KP) – Manasik Haji siswa MTsN 1 Kulon Progo digelar di Firdaus Fatimah Zahra, Gunung Pati, Semarang. Kegiatan tersebut terkait dengan mata pelajaran fikih. Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Drs. H. Legiman, M.S.I. menyampaikan hal itu dalam pembukaan kegiatan di Firdaus Fatimah Zahra, Semarang, Senin (10/10/2022) pagi.

“Kegiatan ini agenda rutin bagi siswa MTsN 1 Kulon Progo karena terkait dengan mata pelajaran Fikih. Tahun ini, Alhamdulillah dapat dilaksanakan di sini, di Firdaus Fatimah Zahra, setelah dua tahun vakum karena pandemi,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Legiman bahwa kegiatan ini adalah praktik nyata dari teori yang selama ini disampaikan dalam pembelajaran di kelas. Anak-anak lebih memiliki gambaran nyata terkait ibadah haji. Baik syarat, wajib, maupun rukun yang harus dipenuhi. Pengambilan tempat di Firdaus Fatimah Zahra dengan tujuan siswa lebih mengenal replika dari rangkaian ibadah haji dan umrah serta segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadah ini.

Kegiatan manasik kali ini diikuti sleuruh siswa kelas IX, sejumlah 159 siswa serta guru sebagai pembimbing dan pendamping. Pembagian rombongan dan regu sudah disimulasikan seperti kegiatan haji secara langsung. Rombongan haji dibagi 5 regu. Prosesi manasik haji ini dimulai dari pemeriksaan paspor, mengambil miqot, dan menuju Arafah, bermalam di Muzdalifah, lempar jamarat di Mina, dilanjutkan tawaf dan sa’i di Masjidil Haram. Pada praktik manasik kali ini, setelah thawaf jemaah diajak minum air zamzam dan baru kemudian melaksanakan sa’i di antara bukit Shafa menuju bukit Marwah serta sebaliknya.

Setelah selesai kegiatan manasik di Firdaus Fatimah Zahra dilanjutkan rihlah ke Dusun Sumilir serta dilanjutkan salat Magrib dan Isya di Masjid Agung Jawa Tengah. Ketua Rombongan sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Manasik, Dra. Hj. Rubinem mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi pengalaman berharga bagi siswa. “Semoga praktik manasik kali ini membawa pengalaman dan pembelajaran tersendiri bagi siswa di masa yang akan datang,” ungkapnya. (smd/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *