MTsN 1 Kulon Progo Kirim Kader Sehat dalam Sosialisasi STBM

Kulon Progo (MTsN1KP) – Empat kader sehat MTsN 1 Kulon Progo mengikuti kegiatan sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada Rabu (26/10/2022) di Aula Puskesmas Wates. Mereka adalah Najril Alfahrezi, Yanuar Aldi Pratama, Nur Rohman Wahyu Widodo, dan Gandhi Rama Saputra.

Salah satu peserta, Gandhi mengaku kegiatan tersebut sangat bermanfaat. “Saya sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan ini. Terima kasih karena sudah melibatkan saya. Banyak hal yang disampaikan tentang hidup sehat dan lingkungan yang bersih. Sebagai kader sehat saya siap untuk mengaplikasikan apa yang sudah disampaikan dan siap mengedukasikan kepada teman-teman,” katanya.

Sementara Narasumber, Jundi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk mengubah perilaku, mencegah penyakit berbasis lingkungan dan keracunan. Ia menjelaskan pula tentang pedoman STBM.

“Ada lima pilar STBM. Stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, serta pengamanan limbah cair rumah tangga,” ujar Jundi.

“Untuk sekolah yang paling penting adalah lingkungan sehat, adanya sarana cuci tangan pakai sabun, dan kantin sekolah yang sehat,” tambahnya.

Harapan besar disampaikan oleh Jundi agar semua peserta memulai dengan perilaku hidup sehat, baik sehat diri maupun lingkungan. (ela/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *