Pelaksanaan ANBK MIN 3 Kulon Progo Lancar

Kulon Progo (MIN3KP) – ANBK (Asesmen Nasional Berbasis komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, serta program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Hari pertama sesi 1 ANBK untuk literasi, sedang hari kedua dilanjutkan sesi 2 numerasi. Hal itu disampaikan oleh Kepala MIN  3 Kulon Progo, R.M. Agus Marchaban, S.Pd.I. di sela-sela kegiatan ANBK di madrasah setempat pada Senin (24/10/2022) pagi.

“ANBK (Asesmen Nasional Berbasis komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, serta program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Hari ini sesi 1 ANBK untuk literasi besok pagi dilanjutkan sesi 2 numerasi,” ucapnya.

“Penilain mutu pendidikan melalui ANBK dilakukan berdasarkan hasil belajar literasi, numerasi, dan karakter pelajar di sekolah. ANBK ini terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter dilaksanakan oleh murid peserta ANBK,” lanjut Marchaban.

Sementara Proktor, Sudarjono, S.Pd.I. menyampaikan bahwa ANBK akan dilaksanakan 2 sesi yaitu literasi dan numerasi. “Tujuan literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan  berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara numerasi kemampuan berfikir menggunakan konsep prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari yang konteksnya relevan dengan lingkungan masyarakat,” tutur Sudarjono.

“Semenatara survei karakter mengukur 6 aspek profil pelajar Pancasila yaitu beriman kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” pungkasnya.

Sebagai pengawas ANBK hari ini dari MI Ma’arif Klangon, Muhammad As’ad Kholil, S.Sos.I. menyampaikan pelaksanaan ANBK di MIN 3 Kulon Progo berjalan lancar. “Alhamdulillah pelaksanaan ANBK di MIN 3 Kulon progo tidak ada kendala. Semua itu sebenarnya tergantung dari sinyal Wi-Fi,” tuturnya. (myt/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *