Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini?

Oleh: Tsania Salamatul Umi

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

PLP KKN Integratif di Kankemenag Kulon Progo

Nikmat Allah itu sangatlah banyak, kita sebagai hamba-Nya tidak bisa menghitung seberapa banyak nikmat yang telah Allah kasih kepada hamba-Nya. Pertanyaannya, sudahkah bersyukur hari ini? Mungkin ada yang mengalami nasib buruk hari ini. Namun, itu bukan alasan untuk tidak bersyukur kepada-Nya. Ingatlah, yang menentukan nasib adalah manusia, sedangkan yang menentukan takdir adalah Allah. Jadi jika nasib buruk terjadi, itulah salah kita sebagai hamba-Nya. Teringat dhawuh KH. Jalal Suyuthi, S.H Pengasuh Pondok Pesantren Wahid Hasyim ngendika, “Orang yang paling bahagia adalah orang yang mampu menerima takdir Allah dan bisa memaknai pemberian Allah. Bahwa apapun pemberian Allah pada saya itulah yang terbaik”

Percayalah, Allah SWT selalu tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Rezeki sedikit namun di syukuri justru akan lebih berkah jika dibandingkan dengan rezeki banyak namun melalaikan. Seperti yang sudah di jelaskan dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim (14):7 yang artinya “Jika kamu bersyukur pasti akan Kutambah (nikmat-Ku) untukmu, dan bila kamu kufur, maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih.”

Hakikat syukur adalah “menampakkan nikmat” dan hakikat kekufuran adalah “menyembunyikanya”.  Beruntung sekali Allah SWT banyak menampakkan Rahman dan Rahim-Nya kepada kita dari pada murka-Nya, sehingga kita masih sempat bernapas, senyum, bahkan tertawa untuk menikmati nikmat Allah tanpa merasa berdosa tidak mensyukurinya. Nyatanya banyak hal-hal kecil dari kehidupan yang kita lupakan, padahal hal kecil itulah yang sebetulnya menguatkan kita dalam menjalani hari. Hal kecil itulah yang menjadi penyemangat kita dalam hidup ini. Jadi jangan pernah lupa bersyukur yaa…!!!

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *